Saskal Alhasyimi Borong Juara Kaligrafi  MTQ Tingkat Provinsi Sulteng di Luwuk 2022

Santri Alhasyimi Sulteng borong juara MTQ Provinsi di Luwuk (foto : Hasan Bunyu)

LUWUK, Kabar Selebes – Pesantren dan Sanggar Seni Kaligrafi Alhasyimi Sulteng, nyaris menyapu bersih kejuaraan kaligrafi semua golongan di  Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Luwuk, Kabupaten Banggai, 23-29 Juli 2022.

Dari 24 peserta yang bertarung di babak final golongan naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemforer, 16 orang merupakan santri sanggar seni kaligrafi terbesar di Sulteng.

“Alhamdulillah 67 persen finalis merupakan kaligrafer didikan Ahasyimi. Dan yang merebut tiket final ada 5 orang dari delapan kategori,” ucap Muhammad Arif, Pimpinan Alhasyimi Sulteng.

BACA JUGA :  Jelang Pembukaan MTQ XXIX, Ratusan Kafilah Se Provinsi Sulawesi Tengah Ikuti Pawai Ta’aruf

Bahkan, kata Aparat Sioil Negara (ASN) yang bertugas  di Madrasah Aliyah Negeri  (MAN) Insan Cendekia itu, di juara-juara harapan pun  Alhasyimi Sulteng borong kejuaraan.

“Ini  sebagai bentuk kebanggan kami selaku sanggar seni kaligrafi yang mandiri, tapi mampu mengharumkan kabupaten yang di bela anak-anak kami di MTQ  tingkat provinsi,” bangganya.

Bukan di level provinsi saja sambung salah satu murid sesepuh kaligrafi Indonesia Timur, Allahuyarham Ustadz  Fakhi Ibrahim itu, santri asal sanggar seni yang terletak di jalan Towua  Kelurahan Tatura Selatan Kecamatan Palu Selatan itu, mampu bersaing di level nasional.

BACA JUGA :  Indahnya Seni Kaligrafi Alqur'an MTQ XXIX Sulawesi Tengah di Luwuk 2022

“Pada MTQ nasional misalnya, santri Alhasyimi mampu bersaing dengan para kaligrafer terbaik Indonesia. Bahkan, anak-anak Alhsyimi bisa masuk 10 besar di MTQ nasional,” senangnya.

Dirinya juga tak memungkiri,  jika pada MTQ Sulteng di kabupaten bertajuk “Kota Berair”,   masih banyak sanri yang gagal juara. “Saya harap mereka yang  belum juara kira terus berlatih dan berlatih. Kedepannya persaingan semakin ketat.  Selalu bikin karya dan try out. Kalo ingin merasakan asmosfir MTQ berlabel nasional, rajin-rajin latian,” pesan lelali murah senyum itu.  (hcb)

BACA JUGA :  Wali Kota Palu Resmi Lepas 50 Kafilah ke Ajang MTQ XXlX Tingkat Provinsi Sulteng

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini....