Asuransi Mobil TLO dan Tips Memilihnya

Ilustrasi beli mobil

JAKARTA, Kabar Selebes – Asuransi mobil Total Loss Only (TLO) adalah  jenis asuransi mobil yang memberikan manfaat pertanggungan untuk biaya perbaikan atau penggantian kerusakan, termasuk kehilangan, yang nilai ganti ruginya mencapai 75% dari harga kendaraannya.

Umumnya, ada banyak pemilik mobil tua yang mempunyai usia rata-rata 10 tahun untuk memilih asuransi TLO. Namun, itu  tidak berarti menegaskan asuransi mobil TLO cocok hanya untuk jenis mobil tua atau bekas saja.

Baik itu untuk asuransi mobil All Risk atau asuransi TLO, keduanya sama-sama cocok untuk mobil baru maupun mobil bekas. Hal terpenting adalah pemilik mobil sudah paham dengan benar asuransi mobil jenis apa yang memang paling tepat dengan usia kendaraan yang mereka miliki.

Buat Anda yang ingin memiliki asuransi mobil, Anda bisa mendapatkan penawaran yang menarik dengan membeli polis asuransi mobil di https://duitpintar.com/.

Nah, jika pilihan Anda adalah Total Loss Only, maka sebaiknya mengetahui asuransi TLO mobil dan tipsnya untuk mendapatkan produk yang tepat.

Asuransi Mobil TLO Duitpintar

Mempunyai asuransi Total Loss Only  ini akan memberikan perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan yang berat.

BACA JUGA :  BAF Fair 2019 Gelar Fun Night Run 3 K

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, asuransi TLO ini akan memproteksi bila ada kendaraan mengalami kerusakan yang parah lebih dari 75% kata lainnya asuransi ini tidak akan memberikan perlindungan untuk kerusakan-kerusakan yang ringan, seperti mobil lecet karena terserempet kendaraan yang lainnya.

Asuransi yang satu ini hanya akan mengcover kondisi berat, misalnya komponen di mobil yang tiba-tiba tidak bisa berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri. Premi untuk asuransi ini paling cocok bagi Anda yang ingin menghemat dalam pengeluaran.

Sebab, premi yang harus dibayarkan juga jauh lebih rendah. Asuransi TLO ini disarankan untuk Anda yang mempunyai kendaraan dengan usia yang lebih tua, seperti mobil bekas. Asuransi ini akan melindungi kendaraan hingga 15 tahun.

Kisaran harga premi asuransi TLO sekitar 0,2% – 0,69% dari harga kendaraan nasabah yang dibayarkan sekali untuk bisa mendapatkan perlindungan selama satu tahun penuh.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Agar Anda bisa memilih produk asuransi mobil yang paling bagus, berikut ini adalah beberapa faktor utama yang nantinya harus dipikirkan ketika akan memilih asuransi mobil:

BACA JUGA :  Gunakan NPK Pelangi JOS, Hasil Kentang Modoinding Minahasa Selatan Naik 55 Persen

1. Memilih Asuransi yang Sesuai

Langkah awalnya adalah, Anda harus mengetahui terlebih dulu mana asuransi yang sesuai untuk digunakan pada mobil Anda, All Risk atau Total Loss Only (TLO), usia kendaraan juga nantinya akan memengaruhi ketersediaan pilihan polis asuransi.

Secara umum, asuransi All Risk memiliki batasan usia mobil 10 tahun, sementara yang TLO bisa sampai 15 tahun. Namun, aturan tersebut bisa berbeda-beda pada setiap perusahaan asuransi.

Ada yang menawarkan asuransi jenis All Risk dengan usia kendaraan yang maksimalnya 8 tahun dan TLO dengan usia maksimal 12 tahun. Kedua asuransi ini dapat digabung untuk bisa mendapatkan proteksi yang lebih maksimal. Hal ini sering disebut sebagai asuransi mobil kombinasi.

2. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Pastikan bila Anda sudah memilih perusahaan asuransi yang memang benar-benar memiliki kredibilitasnya baik. Salah satunya, dapat dilihat dari kesehatan keuangan dari perusahaan tersebut.

Hal ini dapat dilihat dari RBC atau Risk Based Capital perusahaan asuransi yang mempunyai minimal nilai  120% untuk bisa dianggap sehat. Anda juga dapat melihat dari review yang diberikan kepada perusahaan tersebut karena penilaian dari para pelanggan memang menjadi salah satu indikator yang paling termudah untuk menilai sebuah produk.

BACA JUGA :  Meriahkan HUT Gerindra Ke-11, Tidar Sulteng Gelar Jalan Sehat

3. Bandingkan Harga Premi dengan Fitur yang Lainnya

Harga premi yang sangat beragam ini juga akan disesuaikan dengan manfaat yang nantinya bisa Anda dapatkan.

Jangan memilih asal yang murah, tetapi pastikan dahulu apakah manfaatnya sudah bisa memenuhi kebutuhan Anda. Anda juga dapat menambahkan rider atau manfaat di setiap polis asuransi bila nantinya memang membutuhkannya.

4. Memiliki Bengkel Rekaan yang Luas

Ketika Anda memilih asuransi kesehatan pasti harus mencari yang memiliki rumah sakit rekanannya banyak, ketika memilih asuransi mobil pastinya harus memilih yang bengkel rekanannya luas juga.

Semakin banyak bengkel rekanan, maka di saat akan memproses klaim menjadi lebih mudah. Mobil Anda nantinya juga bisa lebih cepat untuk ditangani.(*/adv)

Laporan : TIM ADV

Silakan komentar Anda Disini....