Greis-Bagus Rebut Tongkat Komando OSIS MTs Alkhairaat Palapi 2022-2023

TAOPA, Kabar Selebes – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat Palapi Desa Palapi Kecamatan Taopa Kabupaten Parigi Moutong, menyelenggarakan pesta pemilihan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) lewat proses pemungutan suara layaknya prosedur pemilu, Ahad 07 Agustus 2022 pukul 10:30 Wita.


“Dengan proses ini, kami ingin mengajarkan kepada anak didik kami tentang sebuah sistem demokrasi dan bagaimana cara menggunakan hak suaradengan baik,” kata Pembina OSIS Abdul Rasyid Dunda yang di temui KabarSelebes.id di Kantor MTs Alkhairaat Palapi, setelah usai pemilu OSIS.


Rasyid juga menyebutkan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS seperti ini merupakan hal biasa yang dilakukan saat memasuki tahun pelajaran 2022/2023.


“Setiap awal Agustus saat kegiatan belajar mengajar sudah memasuki pekan kedua, maka kita ajari anak-anak untuk berdemokrasi dengan baik melalu pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS,” sebutnya.


Guru bidang study Bahasa Arab dan Qawaid itu juga menambahkan, kegiatan pemilihan Ketua OSIS diharapkan bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik.
“Siswa menjadi tahu bagaimana prosedur pemilihan umum yang benar. Pemilihan ketua OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS,” sambungnya.


Saat pelaksanaan pemilihan, ada 126 warga sekolah yang hadir, terdiri dari guru dan peserta didik.
“Ahad ini ada sekitar 20 persen siswa izin tidak masuk sekolah kebanyakan sedang sakit influensa dan ada juga yang menghadiri kedukaan. Sementara sebagian khusus guru umum memang tidak masuk karena bukan jadwal mengajar mereka,” terang Rasyid.

Pasangan calon nomor tiga Inayatul Rahmi dan Bagus Hira Pramana berhasil merebut 65 suara mayoritas dari tiga calon lainnya yang ikut bertarung.

Rupanya, hasil “jualan” programnya menarik simpati para siswa sekolah yang terletak di Jalan Trans Sulawesi nomor 78 Palapi itu, menjadikan mereka berdua di jagokan.

Salah satunya programnya adalah menerapkan usaha siswa untuk menabung dalam rangka qurban bulan Dzulhijjah tahun 1444 Hijriyah atau 2023 mendatang.

“Selain menabung untuk Qurban, menjadikan OSIS sebagai sarana untuk menampung inspirasi, kreativitas dan aspirasi siswa serta meningkatkan kepribadian siswa yang SMART ( Santun, Mandiri, Adil, Religius dan Tekun, red),” tekannya mantap.

Siswi yang akrab di sapa Greis itu juga memaparkan akan turut serta mengadakan bakti sosial di lingkungan sekolah sebagai tanda kepedulian terhadap sesama. (hcb)
Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….