Satu Siswi Sekolah Sukma Bangsa Sigi Lulus Seleksi Jambore Nasional 2022

Nur Syaena Sari (kedua dari depan)

SIGI, Kabar Selebes – Satu siswi dari 24 peserta yang lulus seleksi dan akan diberangkatkan mengikuti kegiatan Jambore Nasional 2022, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, berasal dari Sekolah Sukma Bangsa Sigi, yang berada di Desa Maku, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Dia adalah Nur Syaena Sari, yang akrab dengan sapaan Lala. Siswi kelas VIII SMP Sukma Bangsa Sigi. Anak tunggal dari pasangan Elim dan Nur Atin itu sebelumnya tidak pernah menyangka bisa  keluar dari pulau Sulawesi, untuk satu kegiatan sekolah, khususnya di Sekolah Sukma Bangsa Sigi.

Sekolah yang baru berdiri dan sedang berlangsung di tahun ajaran kedua itu, berada dibawah naungan Yayasan Sukma. Dibangun dari dana sumbangan masyarakat Indonesia, yang merupakan donasi Dompet Kemanusiaan Media Group, melalui Yayasan Media Group.

BACA JUGA :  Bupati Sigi Lantik Kades PAW Desa Wugaga Marawola Barat

“Pertama kali menjadi utusan sekolah. Senang dan bangga,” ujar Lala polos, usai mengikuti upacara pelepasan Kontingen Kwarcab Pramuka Kabupaten Sigi, Minggu (7/8/2022).

Ia tidak menduga bisa terpilih dan akan diberangkatkan pada Selasa, 9 Agustus mendatang, usai menjalani masa karantina.

Lala mengaku ingin membagi ilmu dan pengalaman kepada teman-temannya, seusai mengikuti kegiatan di Cibubur nanti. Menurutnya, hal yang terpenting menjadi bekal untuk dibawa berangkat adalah mempersiapkan kesehatan diri.

“Minum vitamin dan obat. Menjaga dan melindungi diri,” aku Lala.

Lahir dari keluarga sederhana dengan kondisi perekonomian yang pas-pasan, membuat Lala betah dan merasa nyaman berada di asrama Sekolah Sukma Bangsa Sigi. Begitu juga dengan kedua orang tuanya. Ia optimis bisa memberikan kebanggaan bagi kedua orang tuanya.

Nantinya Lala akan berangkat menuju Cibubur bersama 23 orang siswa-siswi dari Kabupaten Sigi, setelah melalui proses karantina selama dua hari, dengan didampingi pembina gugus depan, mabigus depan, dan ambalan kwarcab yang berjumlah 62 orang secara keseluruhan.

BACA JUGA :  Pengurusan Dokumen Kependudukan di Sigi Dipadati Warga, Kadis Dukcapil Imbau Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan Jambore Nasional 2022, dibiayai dari anggaran yang bersumber dana hibah yang dialokasikan melalui APBD Kabupaten Sigi Tahun 2022.

Pelepasan peserta berlangsung di Sekretariat Kwarcab Sigi, secara resmi dilakukan Bupati Sigi, Mohamad Irwan.

“Kitalah yang akan menjadi benteng. Kita yang akan menjaga NKRI. Harapan saya tentu, adik-adik ini menjadi kader-kader bangsa terbaik. Adik-adik ini adalah nilai emas ditahun yang akan datang, sehingga harus memberikan manfaat,” tutur Mohamad Irwan dalam sambutannya.

Mohamad Irwan yang menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Sigi, menaruh harapan besar atas kesuksesan para peserta dalam kegiatan Jambore Nasional yang akan berlangsung selama 14 hari, terhitung mulai 12 hingga 26 Agustus mendatang.

BACA JUGA :  Anak SIS Aljufri Jadi Nama Jalan di Kabupaten Sigi

Sebelum keberangkatan dengan menggunakan kapal melalui jalur laut dilakukan, kegiatan diawali upacara yang dipimpin Bupati Sigi, didampingi Ketua Kwarcab Sigi, Moh Rizal Intjenae, Pembina Kwarcab Sigi, serta dihadiri orang tua masing-masing peserta.

Dalam upacara tersebut, dilakukan penyerahan Pataka Pramuka dari Bupati Mohamad Irwan  kepada Ketua Pramuka Kwartir Cabang Sigi. Bupati Irwan mengakui, perkemahan Jambore Nasional di Cibubur, Jakarta, merupakan kegiatan yang sangat penting bagi para siswa Pramuka. Karena itulah pemerintah daerah bersama DPRD Sigi memberikan perhatian besar kepada kelompok Pramuka di Sigi.

Bupati Mohamad Irwan berharap selama mengikuti Jambore Pramuka Nasional di Cibubur, kontingen Sigi dapat menjaga nama baik daerah, menunjukan prestasi terbaik.(mit)

Laporan : Dita Yuliana

Silakan komentar Anda Disini….