Hadiri Panen Jagung di Sigi, Ketua DPRD Sulteng Apresiasi BPTP yang Selalu Siapkan Bibit Unggul

Ketua DPRD Provinsi Sulteng, Dr. Hj. Nilam Sari Lawira, S.P., M.P. (tengah), kepala BPTP Sulteng, Dr. Abdul Wahab, SP., M.Si (kiri) dan Staf Khusus Kementerian Pertanian, Yesiah Ery Tamalagi (kanan).(Foto: Ist)

SIGI, Kabar Selebes – Ketua DPRD Provinsi Sulteng, Dr. Hj. Nilam Sari Lawira, S.P., M.P. mengunjungi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sulawesi Tengah dan taman sains pertanian, sidondo, Kabupaten Sigi, Rabu (10/8/2022).

Kunjungan tersebut dalam rangka panen jagung varietas jakarin, tidak hanya memanen jagung, Ketua DPRD Sulteng ini juga mengunjungi persemaian benih padi, jagung, kopi, serta peternakan ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB).

Dalam kesempatan sambutannya, Nilam Sari Lawira yang juga Ketua DPW NasDem Sulteng itu, merasa bangga dengan dijadikannya Sulteng sebagai tuan rumah hari pangan sedunia pada Oktober nanti di kabupaten Sigi.

BACA JUGA :  Turnamen Sepak Bola  Abdul Rahman Cup Dimulakan di Sigi, Berhadiah Puluhan Juta

“Mudah-mudahan ini bisa dipersiapkan dengan baik,” Kata Nilam.

Kemudian dia juga mengapresiasi kerja BPTP yang selalu menyediakan benih-benih unggul untuk kebutuhan pangan di Sulteng. Selain itu, Nilam Sari mengatakan ada beberapa masalah terkait pamasan produk pertanian di Sulawesi Tengah. Menurutnya permasalahan tesebut bisa diatasi dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

BACA JUGA :  Muslimun; Perempuan Nasdem Kekuatan Pemenangan Partai

“Kalau saja bumdes itu berfungsi dengan baik, bekerja sama dengan kelompok tani, kemudian menjamin produksi, saya pikir petani akan lebih sejahtera, kemudian hasil hasil pertanian yang ditingkatkan nilai jualnya, diolah kembali dengan teknologi,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Staf Khusus Kementerian Pertanian, Yesiah Ery Tamalagi, mengungkapkan bahwa disetiap pertemuan dengan Menteri Pertanian, selalu mengingatkan bahwa dunia sedang mengalami krisis iklim atau climate change.

BACA JUGA :  Ahmad M. Ali Ajak Politisi Golkar Bertarung di Nasdem

“Tetapi kalau pangan kita kuat, negara juga akan kuat. pertanian adalah kerjasama dari setiap unsur masyarakat” Kata Erick, sapaan akrabnya.

Giat panen jagung ini turut  dihadiri oleh beberapa kelompok tani masyarakat, kepala BPTP Sulteng, Dr. Abdul Wahab, SP., M.Si. serta jajaran, dan Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Dr. Ir. Fery Fahrudin Munir, M.Sc, IPU.(*/abd)

Laporan : TIM

Silakan komentar Anda Disini….