OlahragaPilihan

32 Tahun Mati Suri, Softball Sulteng Mulai Hidup Lagi

144
×

32 Tahun Mati Suri, Softball Sulteng Mulai Hidup Lagi

Sebarkan artikel ini
Atlet softball Palu saat latihan. (Foto: Adi Pranata)

PALU, Kabar Selebes  – Olahraga Softball di Sulawesi Tengah pernah mengalami masa kejayaannya di tahun 90-an. Saat itu beberapa club bermunculan, ada Kestler, Pharcy, Davokets, Apatis, Fakultas Ekonomi Team, Fakultas Hukum Team dan Nadolis. Bahkan dimasa jayanya itu, Sulawesi Tengah pernah mengirim pemain putra dan putrinya untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XIII tahun 1993 di Jakarta.

Namun lantaran sarana dan prasarana saat itu belum memadai. Lambat laun Olahraga Softball mengalami mati suri. Hingga akhirnya di tahun 2022, Softball di Sulawesi Tengah mulai dihidupkan kembali. Mantan atlet yang peduli dengan olahraga ini sepakat mencari bibit pemain baru.

BACA JUGA :  Olahraga PoundFit mulai marak di Palu, simak keuntungannya bagi tubuh

Maka terbentuklah tim Softball baru dengan nama Engineering team, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Plus Team, Old Star, Rangers, Cactus dan Roviega.

Nah, untuk memperkenalkan Softball kepada masyarakat luas. Setelah hampir 32 tahun mati suri, turnamen Softball Untad Cup pertama kalinya dipertandingkan.

Pertandingan ini gelar di lapangan SD Madani di jalan Soekarno-Hatta Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah. Dan berlangsung mulai tanggal 11-14 Agustus 2022.

BACA JUGA :  Kejurda Renang Kalimantan, Perenang Putri Cakra SC Palu Borong 7 Medali Emas

Sekretaris Umum Pengprov PERBASASI Sulteng sekaligus mewakili Rektor Universitas Tadulako (Untad) Hibban Toana mengatakan kebangkitan olahraga  berawal dari turnamen ini.

“Tournamen Softball Untad Cup harus menjadi titik awal kebangkitan olahraga softball di daerah ini, ” katanya, Kamis (11/8/2022).

Mewakili pihak KONI, Helmi mengatakan  momentum kegiatan ini patut diberikan  apresiasi. Karena sekian lama softball kembali ada.

BACA JUGA :  436 Atlet Kota Palu Dilepas Ikut Porprov IX di Banggai, Sekkot : Bawa Pulang Kemenangan!

“Kedepan olahraga softball harus lebih ditingkatkan lagi. Dan untuk ketersediaan atlit perlu diperbanyak even seperti saat ini,” kata Helmi. (*/ap)

Laporan : Adi Pranata