Semarak HUT RI, ISSI Palu gelar Balap Sepeda Dorong

Peserta memacu sepeda berusaha menyusul lawan-lawannya dalam Lomba Sepeda Dorong atau Push Bike di atrium Palu Grand Mall (PGM), Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Minggu (14/8/2022). (Foto: ANTARA/Muhammad Izfaldi)

PALU, Kabar Selebes – Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Palu, menggelar lomba balap sepeda dorong berskala regional untuk menyemarakkan HUT RI ke-77 di Kota Palu, Minggu (15/8/2022) malam.

“Lomba balap sepeda dorong ini dalam rangkaian semarak kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, dan ini menjadi yang pertama di Palu,” kata Ketua Harian ISSI Kota Palu, Ede Rian usai balap sepeda dorong di atrium Palu Grand Mall (PGM), di Palu, Minggu malam.

Ia menjelaskan lomba balap sepeda dorong digelar dalam semarak kemerdekaan, bermaksud untuk menumbuhkan rasa kecintaan anak-anak terhadap dunia olahraga.

BACA JUGA :  Kapopo Bikepark, Arena Sepeda Gunung Paling Lengkap di Sulteng

Sebab dunia olahraga, kata Rian, merupakan salah satu bidang yang aktif berperan besar dalam memperkenalkan Indonesia ke kancah internasional dengan berbagai prestasi.

“Oleh karena itu kepada anak-anak peserta lomba kami mencontohkan kepada mereka, bahwa olahraga ini tidak hanya tentang kesehatan tetapi juga menjadi salah satu cara untuk mencintai dan membanggakan Indonesia,” jelasnya.

BACA JUGA :  Jelang Muskot, 10 Klub Dukung Wawan Coxy Jadi Ketua ISSI Palu

Ia mengemukakan lomba balap sepeda dorong yang diikuti 35 peserta asal Makassar, Poso, Kendari dan Palu itu, membuka kelas putra-putri yang terbagi dalam lima kelompok berdasarkan tahun kelahiran mulai dari 2014 hingga 2018.

Olahraga yang dikenal dengan Push Bike (sepeda dorong) itu, lanjut Rian, bagus untuk melatih keseimbangan sebelum bermain menggunakan sepeda komplit dengan pedal serta mampu menjaga kebugaran anak-anak.

BACA JUGA :  Pengurus Baru Dilantik, ISSI Palu Targetkan 6 Medali Emas saat Porprov Sulteng

Selanjutnya, Rian menyampaikan, yang utama dalam lomba itu adalah memberi rangsangan terhadap mental anak-anak agar tumbuh rasa percaya diri untuk menjadi atlet.

“Dari lomba ini mudah-mudahan tumbuh rasa percaya diri mereka menjadi atlet yang secara berjenjang mulai hingga ke kelas prestasi,” demikian Rian.(ant)

Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini….