Cerianya Ratusan Peserta Karnaval TK dan Paud HUT RI di Kecamatan Taopa

Peserta karnaval TK dan Paud dengan balutan kebangsaan merah putih (foto: Hasan Bunyu)

TAOPA, Kabar Selebes – Sebanyak 413 peserta karnaval yang berasal dari Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), mengikuti pawai karnaval dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesi alias HUT RI ke-77 di Kecamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong, Selasa 16 Agustus 2022 pukul 14:00 Wita.

Pada karnaval tahun 2022 ini, ada sembilan TK dan 9 Paud yang mengikuti pawai kemerdekaan.

” Ini sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi anak-anak sejak usia dini agar nantinya mempunyai rasa memiliki jiwa kebangsaan, cinta tanah air dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Ramajanti Sumaga, Bunda Paud Kecamatan Taopa, saat melepas pawai karnaval di Lapangan Cobra Desa Palapi.

BACA JUGA :  Bertabur Juara, Dua Sekolah Alkhairaat di Taopa Gelar Tasyakuran Secara Sederhana

Karenanya tambah Ramajanti, sikap patriotisme sejak dini memang harus di tanamkan pada jiwa anak-anak. Agar nantinya setelah besar, dengan sendirinya bisa menangkis dari paham-paham radikalisme yang bisa merusak pikiran anak bangsa itu.

” Oleh karenanya peran kita semua untuk memberikan edukasi kepada generasi muda khususnya anak-anak tentang pentingnya jiwa nasionalisme dan cinta terhadap bangsanya,”  sambungnya.

BACA JUGA :  Kerap Jadi Lapangan Bola Dadakan, Kaca Kantor Camat Taopa pun Jadi Korban

Perempuan berjilbab yang juga sebagai Camat Taopa mengharapkan  dengan adanya pawai karnaval ini, akan menjadi salah satu media dalam mengenalkan kekayaan dan keragaman budaya yang di miliki bangsa Indonesia.

“Selain itu , dengan mengikuti pawai pastinya akan menjadi kenangan tersendiri ketika anak-anak didik kita besar nanti. Anak-anak generasi emas Indonesia yang genius ini harus terus ditanamkan nilai-nilai kebhinekaan dan persatuan demi keutuhan bangsa,” harap mantan Camat Moutong itu.

Terlebih lagi sambungnya, “kami berharap melalui kegiatan ini dapat memotivasi bagi masyarakat khususnya Kecamatan Babat untuk secara bersama-sama berkontribusi dalam melakukan pencegahan anti nasionalisme”.

BACA JUGA :  Besok, Tim Naskah Akademik RUU DOB Kabupaten Moutong Sambangi Wilayah Eks Moutong

Sebagian besar peserta lomba Karnaval ini, para anak-anak berusia 4-5 tahunan tersebut, tampak gagah dengan balukan pakaian  TNI-Polri, baju dokter dan pakaian adat berbagai pernak pernik khasnya.

Pantauan media ini, keceriaan ratusan peserta karnaval yang menggunakan mobil pick up dengan hiasan khas merah putih memulai start dari lapangan sepak bola Palapi hingga finis di kantor Camat Taopa dengan jarak sekitar 5 kilometer. (hcb)

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini….