Palu  

Wali Kota berharap kerjasama antara BPN Kota Palu dengan BPN Provinsi Sulawesi Tengah pun terjalin dengan baik

Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE secara resmi membuka Rapat Koordinasi Tim Gugus Reforma Agraria Kota Palu pada Selasa, 16 Agustus 2022 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.(Foto : Dok Humas Pemkot)

PALU, Kabar Selebes – Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE secara resmi membuka rapat koordinasi Tim Gugus Reforma Agraria Kota Palu pada Selasa, 16 Agustus 2022 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Dalam arahannya, Wali Kota mengatakan bahwa pada tahun 2021 sebagaimana yang diinformasikan oleh pihak BPN Kota Palu, untuk reforma agraria, BPN Kota Palu mendapatkan pencapaian yang terbaik secara nasional.

Menurutnya pencapaian tersebut menunjukkan bahwa kerjasama yang cukup baik terbangun antara Pemerintah Kota Palu dan BPN Kota Palu.

BACA JUGA :  DP3A Palu Jamin Hak Anak dan Perempuan Tetap Terpenuhi Selama Masa Pandemi Covid-19

“Tentunya penghargaan yang diterima oleh BPN Kota Palu ini juga secara tidak langsung sebagai penghargaan bagi kita Pemerintah Kota Palu oleh Kementerian ATR-BPN RI,” katanya.

Oleh karena itu, Wali Kota berharap kerjasama antara BPN Kota Palu dengan BPN Provinsi Sulawesi Tengah pun terjalin dengan baik dan prestasi-prestasi itu bisa diraih kembali.

Ia mengungkapkan ada beberapa hal yang menjadi isu dalam reforma agraria diantaranya penyelesaian masalah konflik, penguatan hak-hak masyarakat atas tanah, termasuk juga sistem informasi pertanahan.

BACA JUGA :  Ada Warga yang Positif Covid-19, Tim Gabungan Fokus Semprot Dua Kelurahan di Palu

“Saya pikir hal-hal ini diantara sekian banyak isu terkait dengan masalah pertanahan yang kemudian menjadi semangat dari reforma agraria, ini bisa berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Tadi juga, katanya disinggung masalah lahan-lahan ex-HGB atau lahan-lahan HGB yang sudah berakhir maupun lahan-lahan HGB yang masih valid akan tetapi tidak termanfaatkan.

Semangat reforma agraria adalah bagaimana lahan-lahan yang ada teroptimalkan sehingga dapat memberikan manfaat yang baik dan berguna bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Komunitas Pemancing Sulteng Bagi Ribuan Masker

“Oleh karena itu dalam rapat koordinasi ini, kita bersama BPN selaku lembaga pengampu masalah pertanahan ini, semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama menjaga prestasi yang kita raih sebelumnya kemudian bagaimana program reforma agraria dapat dikomunikasikan dengan baik,” imbuhnya.(iz)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini….