Sudah Empat Tahun Proyek Kemendes Pulau Papan  Terbengkalai

Cotagges dan restourant di Pulau Papan Terbengkalai (Foto. Ipul Hulungo)

AMPANA, Kabar Selebes – Salah satu tempat andalan Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna adalah pulau Papan. Sayang seribu sayang proyek Kementerian Desa (Kemendes) yang dikerjakan Tahun 2018  sampai saat ini tidak bisa dimanfaatkan.

Kepala Bidang Perencanaan Bappeda Tojo Unauna Fendy  kepada KabarSelebes.id menjelaskan bahwa proyek  kementrian desa ini bersumber dari APBN yang terdiri dari dua tahap.

“Dimulai tahun 2018  sebesar Rp1,9 miliar lewat Bappeda. Kemudian dilanjutkan kembali tahap dua tahun 2019  dianggarkan kembali Rp1,7 miliar termasuk semua fasilitas pendukung di dalamnya mesin lampu, tempat tidur, dan alat kelengkapan lainnya,” kata Fendy, Senin (22/8/2022).

BACA JUGA :  Pengurus Perbakin Tojo Unauna Dilantik, Iwan Muhammad Siap Ciptakan Atlet Profesional

Kepala Dinas Pariwisata Tojo Unauna M Arzad  mengatakan bahwa Pulau Papan itu adalah proyek Kemendes yang baru diserahkan ke Pemerintah Daerah di tahun 2021.  

“Sehingga saat diterima banyak yang sudah rusak termasuk restorannya yang dibangun dengan konstruksi dua lantai plafon dari triplek hancur atapnya, sudah rusak lantainya sudah lapuk sehingga lewat APBD perubahan tahun 2022 akan diperbaiki. Sedangkan untuk jembatan yang menuju ke cottages baru bisa dikerjakan,” jelas Arzad, Selasa (23/8/2022).

BACA JUGA :  Penarikan Sumbangan Pihak Ketiga di Touna Dihentikan

Arsyad menyebut tidak ada masalah dengan proyek pariwisata Pulau Papan itu. Dia optomistis di tahun 2023 nanti sudah bisa dibuka  untuk  wisatawan.(shl)

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….