8  Desa Wisata di Kabupaten Tojo Unauna Ditetapkan sebagai Desa Wisata

Kepala Bidang Destinasi Dikbudpar Touna Titin

AMPANA, Kabar Selebes – Bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay telah menetapkan delapan  Desa Wisata yang ada di Kabupaten Tojo Unauna lewat peraturan  bupati (Perbup)  yang diusulkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. 

Usulan Desa Wisata Tojo Unauna ini telah melalui proses tahapan  yang telah  dilakukan  dari bawah bahkan  sampai  pembentukan seluruh  kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Tiga desa yang ditetapkan sebagai desa wisata itu adalah Desa Kadoda (Pulau Papan), Desa Muara Bandeng di Wakai, dan Desa Tete B.

BACA JUGA :  Dinas Perikanan Touna Kembali Tangkap Pelaku Destructive Fishing

Kepala Bidang Destinasi Dikbudpar Touna Titin menjelaskan, usulan desa wisata  kepada Bupati Tojo Unauna telah ditandatangani.

“Di tahun 2023 kami akan melakukan  pengukuhan  seluruh kelompok sadar wisata serta penguatan kelembagaannya,” kata Titin, Kamis (25/8/2022).   

Tidak hanya itu di tahun 2022 lewat anggaran perubahan kata Titin, pihaknya juga telah mengusulkan 20 dive spot atau titik selam di kepulauan togean dan sudah disetujui. Tujuannya agar titik titik selam bisa diprotek atau dilindungi sehingga  menjadi destinasi  yang memiliki  payung hukum . 

BACA JUGA :  Bukit Rapamploi Uebae, Destinasi Wisata Alam Terbuka yang Tengah Viral di Tojo Unauna

“Diharapkan jika ini jelan dengan baik setiap para penyelam atau pengunjung kita kenakan retribusi. Kemudian kami juga mendapat bantuan anggaran dari propinsi Tahun 2022 untuk  Rest Area Banano pembuatan zet plan  serta  pembebasan lahan,” tandasnya.(shl)

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….