Cegah Banjir Lagi, Pemda Tojo Unauna Buat Jalur Air, Jalan Trans Sulawesi Ditutup Sementara

Dinas PUPR Touna Buka Jalan Air lewat jalan Nasional. (Foto Ipul Hulungo)

AMPANA, Kabar Selebes – Akibat curah hujan yang cukup tinggi sejak Senin (5/9/2022) kemarin di Kelurahan Dondo Barat Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Tojo Unauna, membuat puluhan rumah warga tergenang air.

Bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum Tojo Unauna untuk segera mengambil langkah cepat dan melakukan koordinasi dengan Balai Jalan nasional untuk mengantisipasi jangan sampai air semakin meluas dan banjir susulan. 

Kepala Bidang Bina Marga Bahrun Selasa (6/9/2022) malam menegaskan bahwa setelah melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tojo Unauna, Camat Ratolinda dan PPK  Balai Jalan Ruas Ampana Balingara atas izin masyarakat untuk cutting jalan nasional dengan lebar satu meter dua puluh.

BACA JUGA :  BPBD Tojo Unauna Terjunkan Seluruh Personel Tangani Rumah Warga yang Terendam Air

“Untuk sementara jalan trans ini kita tutup untuk sementara karena pekerjaan ini tentu menjaga utilitas jalan  jangan sampai ada instalisi  di dalam tanah seperti kabel pipa dan lain lain.  Kita perkirakan satu minggu untuk pekerjaannya sampai selesai,” kata Bahrun.

Harapannya dengan pemotongan jalan nasional ini agar air bisa keluar dari rumah warga yang tinggal di dataran rendah.(shl)

BACA JUGA :  Warga Ampana Bertakbir di Tengah Hantaman Banjir

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….