Tinjau Lokasi Bencana Banjir di Sigi, Mensos Risma Minta Pemda Buat Lumbung Logistik

Menteri Sosial Risma meninjau kondisi warga terdampak banjir bandang di Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Rabu (7/9). (Foto: ANTARA/Muhammad Hajiji)

PALU, Kabar Selebes – Menteri Sosial Tri Rismaharini meninjau langsung lokasi bencana banjir di Desa Pakuli Utara, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Rabu, (07/9/2022). Risma menyempatkan diri berkomunikasi dengan para pengungsi yang ada di tenda pengungsian serta melihat langsung kesiapan logistik yang ada di dapur umum.

“Tadi saya sudah mengunjungi lokasi terdampak banjir di Sigi. Ada ratusan warga disana yang mengungsi,” kata Risma.

Mensos Risma mengatakan, kondisi medan di lokasi banjir Sigi karakteristik medannya berbeda dengan daerah lain. Olehnya itu Ia menyampaikan kepada Bupati Sigi dan Sekdaprov Sulteng untuk membuat lumbung-lumbung logistik di wilayah tersebut .

BACA JUGA :  Gubernur Nyatakan Banjir Bandang Sigi Masih Efek Gempa 7,4 SR

Sehingga, kata dia, ketika terjadi bencana seperti ini, warga terdampak masih bisa survive karena mereka mempunyai buffer stock.

“Oleh karena itu saya minta kepada bupati dan sekdaprov Sulteng agar mempelajari karakteristik itu secara bersama sehingga kita selalu siaga menghadapi kondisi seperti ini,” tambahnya.

Risma juga menyarankan pemerintah setempat menyiapkan tempat-tempat pengungsian yang aman bagi warga di wilayah tersebut. Sehingga, lanjut Risma, ketika terjadi hujan di wilayah tersebut warga sudah menghindari bencana di titik-titik yang aman yang sudah disiapkan.

BACA JUGA :  Banjir Bandang di Desa Sungku Kulawi, 37 Orang Warga Terpaksa Mengungsi

Sedikitnya 662 jiwa terdampak bencana banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Gumbasa di Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi yang terjadi pada Senin (05/9/2022) sore hingga Selasa pagi, (06/9/2022).(*/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….