Bupati Delis: Pekerjaan Jalan dan Jembatan di Bungku Utara Segera Dimulai, Tender sudah Selesai, Pemenangnya telah Ditetapkan

MORUT, Kabar Selebes – Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi mengungkapkan bahwa pekerjaan peningkatan jalan dan jembatan di beberapa ruas jalan di Kecamatan Bungku Utara segera dimulai dalam beberapa hari mendatang.

“Pelaksanaan tendernya sudah selesai, para pemenangnya sudah ditetapkan semua, tinggal kerja,” kata Delis dalam sambutannya yang diiringi tepuk tangan hadirin usai melantik 11 kepala desa terpilih se-Kecamatan Bungku Utara di Baturube, Jumat (9/9).

Delis tidak merinci ruas-ruas jalan yang akan ditangani mulai tahun ini, kecuali menyebut bahwa pada akhir tahun ini, kalau ke Desa Taronggo dari SP2, tidak akan sakit pinggang lagi karena jalannya sudah akan mulus.

Demikian juga pada ruas Desa Lemo ke Lemowalia, sudah akan dikerjakan meski belum seluruhnya beraspal mulus tahun ini. Ruas itu akan tangani secara bertahap sampai ke Desa Salubiro.

“Kita alokasikan dana sekitar Rp 80 miliar khusus untuk pembangunan jalan dan jembatan di Bungku Utara dan Mamosalato pada tahun ini,” ujar Delis pada acara yang dihadiri Wabup H. Djira dan istri, Ketua Tim Penggerak PKK Febriyanthi DJ. Hehi, Ketua DPRD Hj. Megawati dan sejumlah pejabat eselon II dan III Pemkab Morut itu.

BACA JUGA :  Wabup Morut Pimpin Rapat Tugas KLA

Delis menyebut bahwa peningkatan jalan dan jembatan di dua kecamatan itu merupakan salah satu prioritas Pemkab Morut untuk menembus keterisolasian wilayah dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Para kepala desa dan masyarakat saya minta turut mengawasi pekerjaan jalan dan jembatan tersebut,” pinta Delis yang baru saja menerima penghargaan sebagai bupati dengan inovasi terbaik di Indonesia dalam menggerakkan potensi daerah dari Kemendagri dan MNC Portal Group itu.

Khusus kepada para kades, Bupati Delis meminta agar memprioritaskan kegiatannya mendukung progam prioritas nasional yakni mengendalikan kenaikan harga barang-barang atau inflasi dengan merelokasi anggaran dana desa dan ADD.

Usai pelantikan, bupati menyerahkan berbagai bantuan sosial kepada masyarakat antara lain 10 ekor sapi betina untuk kelompok ternak ‘Lembu Sehat’ Desa Taronggo, tujuh ekor sapi betina untuk kelompok ternak ‘Bersama’ Baturube dan bantuan untuk lima SD dan SMP di Mamosalato dari dana CSR PT.CAS, sebuah perusahaan perkebunan sawit.

BACA JUGA :  Bupati Morut Tinjau Pembangunan Puskesmas Pembantu di Desa Tanauge

Bupati juga menyerahkan bantuan pembangunan Pondok Pesantren Raudathul Jannah Alkhairaat Baturube dan mushallah Nurul Huda Desa Posangke yang merupakan pokok pikiran anggota DPRD Morut Ikhtiarsyah.

Acara diakhiri dengan sosialisasi program penyaluran bantuan modal usaha Rp 300 juta tiap desa, yang akan direalisasikan mulai 2022 ini. Dengan bantuan modal ini, diharapkan tumbuh banyak UMKM baru di setiap desa melalui kelompok petani/nelayan, perempuan dan pemuda.

Bantuan ini merupakan salah satu program unggulan pemerintahan Delis-Djira dalam mewujudkan visi besar menjadikan masyarakat Morut Sehat, Cerdas dan Sejahtera (SCS).

Ke-11 kepala desa di Kecamatan Bungku Utara yang dilantik itu selengkapnya sebagai berikut:

BACA JUGA :  Morut Promosikan Peluang Investasi Sektor Pertambangan Nikel di Apkasi Otonomi Expo 2022

1. Kades Posangke, Asril

2. Kades Taronggo, Pamang Andi Baso

3. Kades Uewaju, Semardin Buluade

4. Kades Tirongan Atas, Irda

5. Kades Siliti, Sahrir

6. Kades Salubiro, Sofyan Pandjo

7. Kades Uemasi, Agustinus Tabangi

8. Kades Tambarobone, I Kadek Setia Edi Irawan

9. Kades Woomparigi, Sarbini

10. Kades Boba, Sofyan Sondeng

11. Kades Kalombang, Harsin. (*/hen)

Laporan : Heandly

Silakan komentar Anda Disini….