Bupati Delis: Ke depan, Petasia Barat akan jadi Kecamatan yang Strategis dan Seksi

MARALEE, Kabar Selebes – Meski usianya saat ini baru sembilan tahun, namun Kecamatan Petasia Barat, Kabupaten Morowali Utara, ke depan akan segera menjadi kawasan strategis dan seksi (menarik).

Tahun 2022 ini, Pemkab Morut mengalokasikan dana sekitar Rp40 miliar untuk mengaspal jalan darat dari Korolama-Koromatantu, Tiu-Tontowea, Tontowea-Era dan Onepute-Korowalelo.

“Ini bukan janji lagi ya, pelaksanaannya sudah dimulai sebab proses tender sudah dilaksanakan dan pemenangnya telah ditetapkan,” kata Bupati Morut Delis J. Hehi saat membuka rangkaian pertandingan olahraga untuk memeriahkan HUT ke-9 Kecamatan Petasia Barat di Desa Maralee, Senin (12/9) petang.

Kecamatan Petasia Barat sebagai kecamatan termuda di Morut terus berbenah dan pemerintah kabupaten terus dukung.

BACA JUGA :  Bupati Delis: Pekerjaan Jalan dan Jembatan di Bungku Utara Segera Dimulai, Tender sudah Selesai, Pemenangnya telah Ditetapkan

“Dulunya Petbar yang agak terpencil, kini akan lebih seksi secara transportasi darat,” ujar Delis yang baru saja menerima penghargaan sebagai bupati visioner dan terbaik dalam hal inovasi pemanfaatan potensi daerah, dari Kemendagri dan MNC Portal.

Alasan keseksiannya adalah karena setelah jaln-jalan itu beraspal, maka masyarakat yang akan ke Poso menggunakan kendaraan darat akan memilih lewat Tontowea ke Era karena jaraknya lebih dekat dibanding ruas saat ini lewat Kolaka dan Tomata.

Demikian juga masyarakat yang akan bepergian dari Beteleme ke Kolonodale atau sebaliknya, akan memilih lewat ruas Onepute-Korowalelo karena bisa menghemat waktu perjalanan sekitar 20 menit dibanding jalur saat ini lewat Tompira dan Korolama.

BACA JUGA :  Disaksikan Bupati dan Sekda Morut, Tim Ahli Unhas Paparkan Konsep RDTR Kota Kolonodale

“Ruas Onepute-Korowalelo ini juga akan membantu memperlancar arus lalulintas pada ruas Tompira-Bunta-Korolama yang kian padat dan rawan macet sebagai dampak berkembangnya industri pengolahan nikel di daerah Bunta oleh PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI).

“Jadi ke depan, Petbar akan sangat strategis bagi lalulintas barang dan jasa dalam hubungannya dengan Kabupaten Poso dan kabupaten lainnya di Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara. “

Delis mengingatkan bahwa keberhasilan pembangunan di Petbar ini butuh dukungan para kepala desa, BPD dan jajarannya untuk bahu membantu melaksanakan pembenahan di berbagai bidang.

Usai upacara pencanangan pertandingan olahraga memeriahkan HUT ke-9 Petbar itu, digelar pertandingan eksibisi sepak bola antara kesebelasan Pemkab Morut yang dimotori Bupati Delis dan Wakil Ketua DPRD H. Muh. Safri melawan kesebelasan gabungan para kepala desa se-Petasia Barat. (*/hen)

BACA JUGA :  Dituding Ingkar Janji, Warga Morowali Utara Geruduk PT. Hofment International

Laporan : Heandly

Silakan komentar Anda Disini….