Kota Palu Diguncang Gempa Bumi 3,5 M, BMKG : Pusatnya di Sesar Palu Koro 

PALU, Kabar Selebes – Gempa bumi tektonik terjadi di wilayah Palu, Propinsi Sulawesi Tengah pada Selasa,  13 September 2022 pukul 00:12 WITA.

Hasil analisis Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 3.5. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.94 LS – 119.85 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 5 km arah baratdaya Palu, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 5 km.

Kepala Stasiun Geofisika Palu Sujabar, S.T dalam keterngan tertulisnya menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Palu Koro.

BACA JUGA :  Penyintas di Huntara Palu Desak Pemerintah Segera Cairkan Dana Santunan Duka

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan III MMI di Palu (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu); II-III MMI di Sigi (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),” tulis Sujabar seperti dikutip SuluhMerdeka.com

Gempa kali ini dilaporkan tidka berpotensi tsunami.

Hingga hari Selasa, 13 September 2022 pukul 00:32 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).”Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.,” imbau Sujabar.

BACA JUGA :  Dinsos Palu : Dana Santunan Duka Tahap II Gempa Pasigala Dibekukan karena Covid-19

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.(ptr)

Laporan : Pataruddin

Silakan komentar Anda Disini….