Tiga Institusi Bersinergi Bantu Lapas Kolonodale Bina Napi dan Tahanan, Bupati Delis Beri Apresiasi Tinggi

KOLONODALE, Kabar Selebes – Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi, hari Jumat (16/9), di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kolonodale, menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU-Memorandum of Understanding) antara pemimpin tiga instansi dan Kepala Lapas setempat.

Mereka yang menandatangani MoU dengan Kepala Lapas Kolonodale Mansyur Yunus Gafur, SH.MH itu adalah Kepala Dinas Perikanan Yunber Bamba, A.Pi, M.Si, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Buharman Lambuli, S.Sos dan Kepala Kantor Kementerian Agama Morut Dr H Abdul Mun’im, M.Hi.

Ketiga institusi pemerintah itu berkomitmen untuk menopang pembinaan warga binaan Lapas Kolonodale sesuai bidang masing-masing.

Dinas Perikanan misalnya, mendukung penyediaan sarana produksi untuk budidaya ikan air tawar dan pendampingan teknis budidaya yang semua hasilnya untuk keperluan warga binaan Lapas.

BACA JUGA :  Fokus Sukseskan Program SCS, Bupati Morut Tolak Permohonan Rekomendasi Sejumlah PNS untuk Ikut Pilkades

Satuan Polisi Pamong Praja akan mendukung Lapas dalam penyediaan alat-alat pencegahan kebakaran, peningkatan keterampilan di bidang pemadaman kebakaran, penyuluhan terkait peraturan-peraturan daerah serta memberikan bantuan pengamanan bila diperlukan Lapas.

Sedangkan Kantor Kemenag Morut akan terus mendukung Lapas dalam pembinaan mental dan spiritual dengan mengirimkan penceramah-penceramah sesuai agama dan kepercayaan warga binaan masing-masing.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Ir Abbas Mato’ori, M.Si memberikan bantuan (pinjam pakai) satu unit traktor tangan untuk digunakan mengolah lahan milik Lapas yang selama ini diolah warga binaan yang memasuki tahap asimilasi.

BACA JUGA :  Habib Ali Letakkan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Alkhairaat di Desa Koya

Bupati Delis mengapresiasi keterlibatan institusi-institusi pemerintah itu dalam mendukung pembinaan warga Lapas Kolonodale untuk mempersiapkan warga binaan saat kembali ke masyarakat nantinya.

Delis juga berjanji bahwa Pemda Morut akan terus mendukung Lapas Kolonodale dengan bantuan-bantuan yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas pembinaan di masa mendatang.

Usai menyaksikan penandatanganan MoU, Bupati Delis yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Febriyanthi DJ. Hehi, meninjau kebun sayur hidroponik, pengolahan air minum isi ulang serta budidaya ikan lele yang dikelola warga binaan.

Bupati Delis dan para pejabat serta Wakil Ketua DPRD Morut Wahyu Hidayat, anggota DPRD Udiyanto Baoli, dan para pejabat Eselon II Morut melakukan panen sayur hidroponik serta ikan lele yang beratnya rata-rata 2 kg/ekor. (*/hen)

BACA JUGA :  Delis: Bantuan Beasiswa untuk Mahasiswa Morut Cair Mulai November

Laporan : Heandly

Silakan komentar Anda Disini….