Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Asuransi Perjalanan

JAKARTA, Kabar Selebes – Jika Anda pencinta travelling, sebaiknya jangan lupa untuk memiliki asuransi perjalanan. Pasalnya, asuransi satu ini kerap diabaikan oleh sebagian orang.

Padahal, untuk Anda yang sering melakukan perjalanan jauh atau suka jalan-jalan, memiliki asuransi perjalanan sangatlah penting. Sebab, asuransi ini dapat membantu Anda menghadapi situasi sulit selama dalam perjalanan, seperti kehilangan barang bawaan, keterlambatan pesawat hingga terjadi kecelakaan.

Selain membeli asuransi perjalanan, tentu saja Anda harus memiliki asuransi kesehatan terlebih dahulu mengingat biaya kesehatan dari tahun ke tahun terus naik. Dengan proteksi kesehatan, maka beban finansial yang harus dikeluarkan dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Nah, bila Anda ingin memiliki asuransi perjalanan, maka akan lebih praktis apabila perusahaan asuransi yang Anda pilih mampu menyediakan banyak pilihan jenis-jenis asuransi perjalanan. Buat lebih jelasnya mengenai produk proteksi satu ini, mari simak dalam pemaparan berikut!

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Membeli Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan menjadi suatu perlindungan wajib untuk setiap orang yang bepergian, apalagi jika Anda menggunakan pesawat. 

Lalu, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli asuransi perjalanan? Berikut informasinya.

Tidak menunda membeli asuransi perjalanan

Seperti dipaparkan sebelumnya, jika Anda senang bepergian jauh baik ke luar kota atau ke luar negeri., maka penting untuk membeli asuransi perjalanan. Jangan lagi menunda-nunda untuk membeli asuransi perjalanan. 

BACA JUGA :  Ketua TIDAR Sulteng Firman Lapide Sebut Padat Karya Tingkatkan Kualitas Masyarakat Desa

Semakin awal Anda membeli asuransi perjalanan maka keuntungan yang Anda dapatkan juga semakin banyak. Para traveler lama biasanya juga menyertakan asuransi perjalanannya ketika mereka hendak merencanakan perjalanan.

Memilih asuransi perjalanan yang sesuai kebutuhan

Sebelum memutuskan membeli asuransi, ada baiknya Anda pelajari secara keseluruhan beberapa produk asuransi perjalanan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya saja negara mana yang hendak Anda tuju, apakah pergi sendiri atau keluarga, barang apa saja yang dibawa hingga berapa lama akan bepergian. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat asuransi secara maksimal.

Pahami lingkup perlindungan oleh asuransi perjalanan

Banyak orang yang belum paham menganggap semua asuransi perjalanan akan mengcover segala risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan. Padahal, hal tersebut belum tentu bisa dilakukan.

Sebuah hal yang fatal apabila Anda tidak memahami asuransi perjalanan yang Anda pilih. Pelajari dengan baik mengenai hal-hal apa saja yang ditanggung pihak asuransi, bacalah ruang lingkup perlindungan asuransi sehingga Anda tidak merasa dirugikan.

Apakah ada tambahan premi khusus untuk perjalanan? Apakah semua manfaat sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Beberapa hal tersebut perlu ditanyakan secara detail pada perusahaan asuransi.

BACA JUGA :  Firman Lapide Janji Prioritaskan Kesejahteraan Nelayan Jika di Senayan

Pastikan asuransi yang Anda pilih menanggung biaya kecelakaan, medis, kerusakan, bantuan darurat hingga kehilangan bagasi selama dalam perjalanan.

Lamanya waktu perlindungan

Pilihlah asuransi perjalanan yang lama perlindungannya sesuai dengan waktu Anda melakukan perjalanan. 

Asuransi perjalanan umumnya akan menanggung risiko selama dalam perjalanan saja. Misalnya, berlaku sesuai dengan tanggal yang ada di tiket pulang dan pergi. 

Pilih yang menangani banyak pembelian

Memilih asuransi yang bisa mengcover banyak dalam satu pembelian dapat memudahkan Anda. Misalnya saja Anda ingin diving, mendaki atau kegiatan lainnya.

Jika perusahaan asuransi yang dipilih memiliki banyak pilihan, maka dapat mempersingkat waktu riset Anda. Sebab, sebelumnya sudah menggunakan layanan asuransi serupa.

Pilih perusahaan yang memiliki reputasi baik

Jika ini kali pertama Anda memilih perusahaan asuransi, maka Anda perlu teliti memilih yang terbaik. Perusahaan asuransi dengan reputasi yang baik tentu bisa jadi pertimbangan utama.

Perusahaan asuransi yang terpercaya, bisa memberikan kemudahan saat Anda mau melakukan klaim asuransi atau bahkan bisa dengan cepat mengatasi keluhan Anda. Hal ini dapat Anda lihat dari komentar nasabah lainnya.

BACA JUGA :  Tiba di Bumi Pogogul, Ahmad M. Ali Langsung Bertemu Raja Buol

Apabila banyak yang memberikan komentar cepat, mudah serta pihak asuransi sangat membantu maka Anda bisa memutuskan untuk membelinya. Perusahaan asuransi dengan nama besar pasti akan senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk nasabahnya.

Untuk mengecek reputasi perusahaan asuransi, Anda juga bisa melakukannya dengan mengecek di situs perusahaan. Apakah sudah terdaftar di laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum.

Memilih asuransi perjalanan yang sesuai kebutuhan memang sedikit rumit. Meski begitu, keberadaan asuransi yang satu ini sangatlah penting dan bermanfaat khususnya untuk para pelancong.

Jangan sampai Anda hanya tergiur dengan premi asuransi yang murah, tetapi malah tidak mendapatkan manfaat maksimal untuk kebutuhan Anda.

Sebab, tak sedikit perusahaan asuransi yang saat ini sering menawarkan harga murah, tetapi dalam pengajuan klaim dipersulit sehingga merugikan Anda sebagai nasabah. Semoga bermanfaat!

Silakan komentar Anda Disini….