Keindahan Teluk Tomori dan Situs Bersejarah di Morut

Para wisatawan sedang berada di Teluk Tomori (Foto: Heandly)

MOROWALI UTARA, Kabar Selebes – Teluk Tomori yang terletak di kabupaten Morowali Utara (Morut) mencuri perhatiaan para wisatawan baik lokal maupun manca Negara.

Keberadaan sejumlah pulau-pulau kecil di seputaran wilayah teluk Tomori melengkapi keindahan hamparan teluk Tomori.

Sejumlah obyek wisata mengelilingi teluk Tomori seperti Hutan Mangrove desa Koya, yang memiliki ciri khas tersendiri dengan jembatan panjangnya menjadi pilihan para wisatawan untuk sejenak berteduh saat mengelilingi obyek wisata Teluk Tomori.

Obyek wisata lain yaitu bukit telletubies atau pulau Bajo, adalah obyek wisata yang menyuguhkan pemandangan indah terutama bagi mereka penyuka fotografi. Tersedia tempat menarik di pulau telletubies untuk memotret dengan latar belakang keindahan pulau Teluk Tomori.

BACA JUGA :  Dinominasikan Jadi Salah Satu Indonesia Visionary Leader, Bupati Delis Paparkan Program SCS  

Pemandangan menarik lain yang juga memiliki nilai sejarah penting yaitu situs telapak tangan batu putih. Yang jejak situs bersejarah ini dapat dilihat dalam jarak dekat dengan menggunakan perahu.

Menjangkau sejumlah obyek wisata di teluk Tomori Morowali Utara cukup dengan waktu 15 menit. Akses yang sangat dekat dari pelabuhan Kolonodale, laut yang tenang dan pemandangan indah yang di suguhkan, membuat teluk Tomori primadona bagi para wisatawan.

Wisatawan bisa juga melihat batu payung. Batu di tengah laut yang membentuk menyerupai payung, juga melengkapi keindahan wilayah teluk Tomori.

Para wisatawan juga dapat melihat langsung bagaimana kehidupan suku Bajo yang berada di sekitar teluk Tomori, mereka menggantungkan hidupnya dari bekerja sebagai nelayan tradisional.

BACA JUGA :  Bupati Morut Saksikan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama 8 Ruas Jalan Provinsi di Kawasan Konservasi

Di wilayah tersebut air laut sangat teduh dan tenang, membuat tempat ini cocok untuk olahraga wisata seperti snorkelling, jetski dan lomba dayung perahu bisa di jajal bila mengunjungi wisata di Morowali Utara ini.

Obyek wisata lain yang menarik di Morowali Utara dan berada di sekitar ibukota Kolonodale adalah Bukit Harmoni, yang merupakan Badan Usaha milik desa (BUMDES) Korololaki.

Komitmen Bupati Morowali Utara Dr. Delis Julkarson Hehi,.MARS untuk menggenjot pertumbuhan wisata Morowali Utara terus dilakukan, dengan mempromosikan objek wisata, memperbaiki sejumlah sarana demi tersedianya fasilitas bagi para pengunjung.

BACA JUGA :  Bupati Delis Luncurkan Program 'Sabit', hasil kolaborasi Pemkab Morut BPJS Kesehatan

Banyak yang menyebut obyek wisata di Morowali Utara ini punya kemiripan dengan raja Ampat Papua. Tentu untuk membuktikan keindahannya, anda harus segera kunjungi Morowali Utara dan nikmati keindahan alamnya.

Laporan : Heandly Mangkali

Silakan komentar Anda Disini….