Wabup Morut Harapkan Forum Genre Ciptakan Generasi yang Tangguh dan Berencana

KOLONODALE, Kabar Selebes – Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K mengharapkan agar para remaja dan generasi muda pada umumnya mempersiapkan diri sedini mungkin agar menjadi generasi yang tangguh dan berencana.

“Forum Genre ini sangat penting untuk mempersiapkan masa depan anak-anak kita,” ujar Wabup di Kolonodale, Kamis (29/9/2022).

Penegasan itu disampaikan pada pembukaan Workshop Pendampingan Pelaksanaan Edukasi Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) pada Pusat Informasi Konseling (PIK) Remaja dan Bina Keluarga Remaja (BKR), Pengukuhan Forum Genre dan Pemilihan Duta Genre Kabupaten Morowali Utara Tahun 2022.

Kegiatan itu berlangsung selama dua hari di Ruang Pola Kantor Bupati Morut. Para peserta merupakan utusan dari Duta Genre sepuluh kecamatan se Morut, anggota forum Genre, PIK-R, dan anggota BKR.

Wabup mengemukakan, perkembangan teknologi informasi saat ini sangat cepat dan membutuhkan kesadaran para remaja untuk memilah-milah mana yang baik dan sebaliknya.

BACA JUGA :  Disdik Morut Miliki Aplikasi Sistem Administrasi Bantuan Mahasiswa, Delis: Bermohon Bantuan Beasiswa Bisa dari Kamar Kos Saja

Sebagai contoh, kalau dulu apa yang terjadi di Jakarta biasanya baru diketahui beberapa hari kemudian di daerah Morut, begitu sebaliknya. Tapi saat ini, apa yang terjadi hari ini langsung diketahui hari ini pula akibat perkembangan teknologi.

“Menghadapi perubahan yang meng-global ini, kita harus siap mengantisipasinya. Kemajuan itu ada dampaknya. Ini yang harus dipahami,” ujarnya.

Mengenai forum Genre ini, Wabup Djira menilainya sangat baik. Para remaja harus mempersiapkan diri menjadi generasi yang berencana dan siap menghadapi tantangan zaman.

Ia juga berharap agar generasi muda menjauhi narkoba (narkotika dan obat terlarang), seks bebas, serta hal-hal negatif lainnya.

“Forum ini harus mampu menyiapkan generasi muda yang tangguh dan bermanfaat untuk masa depannya,” tambah mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Morut ini.

BACA JUGA :  PT SPN Serahkan Bibit Produktif ke Masyarakat, Wahyu Hidayat: Terimakasih

Sebelumnya, Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Dinas P2KBP3AD Morut Moh. Syahdan Triansyah, melaporkan melalui workshop ini diberikan pemahaman kepada remaja tentang pentingnya menurunkan angka pernikahan anak melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP).

Tujuan lainnya adalah meningkatkan derajat kesehatan reproduksi remaja (KRR), mengembangkan citra positif program Genre melalui figur Duta Genre, serta meningkatkan promosi program Bangga Kencana di lingkungan remaja

Syahdan menambahkan, Duta Genre merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang nantinya berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan remaja bebas narkoba, terhindar dari seks bebas dan HIV/AIDS.

BACA JUGA :  Bupati Delis Hadiri Pelantikan Pengurus PBSI Morut sekaligus Membuka Turnamen Bulutangkis Bupati Cup

Pada kesempatan tersebut Wabup juga melantik pengurus Forum Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Morowali Utara periode 2022-2024.

Acara itu  turut disaksikan

Kabid Pengembangan Pelatihan dan Penelitian Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng Ir. Kartini, M.Si, Kadis P2KBP3AD Morut Romelius Sapara, dan para pejabat lainnya. (*/hen)

Laporan : Heandly

Silakan komentar Anda Disini….