Anggota DPR RI Ahmad M. Ali bantu Pupuk Cair kepada 51 Kelompok Tani di Parigi Moutong

Ketua DPW Nasdem Sulteng Nilam Sari Lawira saat membagikan pupuk kepawa warga.(Foto: Ist)

PALU, Kabar Selebes – Sebanyak 51 kelompok tani di Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng), mendapat bantuan pupuk cair organik dari dana aspirasi Anggota DPR RI Fraksi Nasdem  Ahmad M Ali Sabtu (8/10/2022).

Bantuan pupuk sebanyak 6.828 botol/liter tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Hj. Nilam Sari Lawira Yang Juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Sulteng.

Nilam mengatakan, bantuan pupuk cair organik tersebut, tidak hanya disalurkan bagi petani di Kecamatan Parigi Selatan. Kelompok tani di kecamatan yang memiliki lahan pertanian juga akan mendapat bantuan namun dilakukan secara bertahap.

Bantuan pupuk dengan jumlah keseluruhan 26 ribu botol itu akan diberikan untuk kelompok tani di Kecamatan Bolano, Ongka Malino, dan Balinggi.

“Petani yang ada di kabupaten lain juga nantinya akan mendapat bantuan,” kata Nilam.

BACA JUGA :  Masykur Desak Gubernur Bangun Skema Peningkatan Infrastruktur Daerah Pinggiran Sulteng

Bantuan pupuk tersebut kata dia, berasal dari dana aspirasi Angota DPR RI,  Ahmad M Ali yang diperuntukan bagi para petani yang akhir-akhir ini meangalami kesulitan karena kenaikan harga pupuk.

“Selama saya berjalan di 13 kabupaten dan kota, kami mendengarkan seluruh aspirasi yang disampaikan, kebanyakan dari kelompok tani yang akhir-akhir ini mengeluhkan betapa sulitnya untuk mendapatkan pupuk. Selain kelangkaan, juga harga yang melambung tinggi, sehingga kami memohon bantuan aspirasi dari pusat,” ungkapnya.

“Alhamdulillah ini salah satu wujud dan kepedulian anggota DPR RI yang ada di pusat, mudah-mudahan pupuk cair organik ini bisa membantu produktivitas padi,” tambahnya.

Ia berharap bantuan akan terus bertambah ke kelompok-kelompok petani yang lain, terutama parimo yang termasuk lumbung pangan di Sulteng.

BACA JUGA :  Ternyata Ini yang Buat Bung Cudi Pindah ke NasDem

Lebih lanjut Nilam mengungkapkan bahwa dalam menghadapi krisis pangan kedepan ini, semua pihak baik pemerintah, masyarakat terkhusus petani, harus berhati-hati. Sebab negara lain sudah mengalami resesi.

Untuk itu menurut nilam, ketahanan pangan daerah perlu ditingkatkan karena sangat dibutuhkan. Untuk itu segala kebutuhan petani perlu didukung secara maksimal.

“Mudah-mudahan kedepan juga kami bantu, sebab Parigi Moutong ini merupakan salah satu lumbung pertanian yang ada di Sulteng, jadi sudah sewajarnya kami membantu mendorong peningkatan hasil produksi pertanian,” tagasnya.

Sebelumnya menurut Nilam, melalui Aspirasi Ahmad M Ali, bantuan di sektor pertanian di Kecamatan Balinggi juga telah diberikan. Bukan itu saja, menurutnya beberapa tempat juga diberikan bantuan berupa irigasi tersier.

“Itu pentingnya kenapa kita harus punya anggota DPR RI yang peduli, yang bisa menurunkan dana aspirasinya untuk daerah yang ada di Sulteng. Karena kalau kita di provinsi, apalagi di kabupaten, dengan pendapatan asli daerah yang sangat minim, kemudian banyaknya program yang harus dilakukan oleh pemerintah, maka tidak akan mungkin semua kebutuhan masyarakat dapat penuhi, termasuk petani,” terangnya.(*/abd)

BACA JUGA :  Ratusan Warga Parigi Moutong Mendaftar secara Online di Partai NasDem

Laporan : TIM

Silakan komentar Anda Disini….