Pemkab Morowali dan Unhalu Kendari Gelar Seminar SSH HSPK dan ASB 2023

Kegiatan Seminar Laporan Akhir Penyusunan SSH, HSPK dan ASB tahun 2023 yang digelar di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali pada Jumat (14/10/2022). (Foto: Kominfo)

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemda) Morowali, melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bekerjasama dengan Universitas Halu Oleo (Unhalu) Kendari menggelar Seminar Laporan Akhir Penyusunan Standar Satuan Harga (SSH), Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK) dan Analisa Standar Biaya (ASB) tahun 2023.

Kegiatan digelar di Ruang Pola Lantai II Kantor Bupati Morowali, pada Jumat (14/10/2022). Dibuka oleh Bupati Morowali yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Ichwan Bachmid. Dihadiri Kepala BPKAD Morowali, Alamsyah, serta Pejabat Eselon III dan IV masing-masing OPD lingkup Pemkab Morowali.

Selain itu, dihadiri Tim Pelaksana kegiatan penyusunan SSH, Analisis Satuan Biaya dan HSPK dari Unhalu Kendari, diantaranya; Asri Andrias Herman Balo, Mustarum Musaruddin Sulha, Prinop Aksar, dan Dr. Hasbullah Syaf.

BACA JUGA :  Cegah Penyebaran Covid-19, Rumah Ibadah dan Fasilitas Umum di Morowali Disemprot Disinfektan

Saat membuka kegiatan, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Ichwan Bachmid mengajak seluruh peserta seminar akhir penyusunan SSH, HSPK dan ASB tahun 2023 mengikuti acara dengan sebaik-baiknya. Mulai dari awal hingga akhir kegiatan.

“Sehingga apa yang menjadi pembahasan hari ini dapat diaplikasikan dalam menyusun program dan kegiatan  di OPD masing-masing pada tahun mendatang,” jelasnya.

“Menjadi pedoman bagi semua OPD dalam menyusun program dan kegiatannya untuk tahun 2023, guna mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati hingga akhir masa jabatan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPKAD, Alamsyah mengatakan, bahwa maksud penyusunan SSH, HSPK dan ASB tahun 2023 adalah untuk menetapkan Satuan Biaya dan Harga Satuan Pokok yang menjadi pedoman dasar penganggaran suatu kegiatan pembangunan Morowali.

BACA JUGA :  Kapolres Morowali Anjangsana ke Purnawirawan Polri dan Warakawuri

“Tujuannya untuk mengetahui Standar Harga Barang dan Jasa untuk kegiatan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) yang informasinya dibutuhkan untuk setiap OPD,” ungkapnya.

Sebagai informasi, manfaat kegiatan seminar laporan akhir penyusunan SSH, HSPK dan ASB tahun 2023 yakni dapat digunakannya system informasi perencanaan atau E-Planing Morowali, tersedianya informasi satuan harga barang/jasa yang diperlukan dalam penyusunan RKA.

Selanjutnya, kesesuaian harga barang/jasa untuk semua OPD, pemetaan kesesuaian SSH berdasarkan zona wilayah, tidak adanya mark-up dalam proses penganggaran, terintegrasinya SSH, Harga Satuan Pokok Pekerjaan dan Analisis Satuan Biaya pada saat ubdate harga dan mengoptimalkan penggunaan anggaran. (kominfo/ahl)

BACA JUGA :  Buruh Kawasan Industri Morowali Berunjukrasa, Dedy: Perusahaan Tetap Prioritaskan Karyawan

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….