Progres sudah 40 persen, Rehabilitasi Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu Selesai 2023

Kondisi terakhir pengerjaan Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Selasa (18/10/2022) pasca gempa bumi yang terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah tahun 2018. (Foto: ANTARA/Kristina Natalia)

PALU, Kabar Selebes – Kepala Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu Rudi Richardo menyebutkan progres pembangunan rekonstruksi dan rehabilitasi bandara usai bencana gempa pada 2018 sudah mencapai 40 persen.

“Sudah mencapai 40 persen lebih harapannya semua bisa terlaksana sesuai dengan kontrak bulan Maret tahun 2023 pengerjaan sudah selesai,”jelas Rudi di Palu, Selasa.

Rudi menjelaskan gempa yang terjadi pada tahun 2018 telah mengakibatkan kerusakan bangunan sebesar 70 persen sehingga harus dilakukan rekonstruksi dan rehabilitasi.

BACA JUGA :  BI Sulteng Siapkan Uang Kartal Rp 1 Triliun untuk Lebaran Idul Fitri

Dalam masa pembangunan, operasional pelayanan di bandara tetap berlangsung sesuai SOP dengan memanfaatkan area yang terbatas.

“Terjadi penyempitan area sehingga kami menyampaikan permohonan maaf terhadap keterbatasan area dan operasional kita tetap lakukan sesuai SOP dengan kondisi bandara yang sedang diperbaiki,” sebutnya.

Menurut Rudi, kendala yang terjadi dalam pembangunan tersebut ada pada proses pengerjaan aspal karena secara umum dipengaruhi oleh cuaca, sehingga pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi dalam mengeluarkan prakiraan cuaca setiap hari.

BACA JUGA :  Bantu Warga Kembangkan Usaha, Pemkab Sigi Sediakan akses Pembiayaan

“Rekonstruksi dan rehabilitasi dibagi dalam dua sisi yaitu udara dan darat, sekarang masih on progres namun khusus sisi udara hambatan yang terjadi adalah cuaca yang menyebabkan proses aspal melambat kalau hujan,” terangnya.

Saat ini pihaknya terus mendorong percepatan pembangunan untuk memaksimalkan pelayanan dengan mengutamakan penataan pada area pintu gerbang bandara.

“Saat ini total landasan pacu Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu kurang lebih 2.250 meter,” ucapnya.(*/ant)

BACA JUGA :  Tim Investigasi Pemprov Sulteng Pastikan 6 Pejabat Terlibat Jual Beli Jabatan
Silakan komentar Anda Disini….