Sebagai Kaum Intelektual, UIN Palu Dorong Dosen dan Mahasiswanya Menulis Karya Ilmiah

PALU, Kabar Selebes – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mendorong dosen khususnya dosen muda dan mahasiswa perguruan tinggi negeri tersebut agar rutin menulis  karya ilmiah dalam bentuk buku, dalam rangka menopang pengembangan mutu akademik.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Keuangan UIN Palu Dr Kamaruddin, di Palu, Kamis, mengatakan dosen dan mahasiswa sebagai kaum intelektual harus mencetak atau memproduksi karya ilmiah yang disesuaikan dengan tantangan dan kebutuhan zaman masa kini.

“Hal ini tidak lepas dari tuntutan tri dharma perguruan tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, pengabdian masyarakat dan penelitian,” ucap Kamaruddin dalam lokakarya kepenulisan sampai penerbitan buku ber-ISBN.

BACA JUGA :  UIN Palu Tingkatkan Profesionalitas Guru Lewat Program PPG

Kamaruddin menilai lokakarya tentang kepenulisan sampai penerbitan buku yang memiliki kode pengindetifikasi International Standard Book Number (ISBN), penting dilakukan sebagai upaya mendorong dosen dan mahasiswa mengembangkan kompetensi penulisan karya ilmiah.

“Apalagi lokakarya ini dibarengi dengan trik jitu kepenulisan, maka akan sangat baik dan bermanfaat bagi seorang dosen dalam pengembangan kompetensi individual dan karir,” sebutnya.

Kamaruddin mengatakan hasil – hasil riset yang dimiliki oleh dosen dan mahasiswa dapat dituangkan dalam bentuk karya ilmiah, sehingga menjadi satu bentuk literasi bagi pembaca.

“Di samping itu bisa menjadi satu refensi – refensi ilmiah bagi mahasiswa atau orang lain dalam pengembangan kajian keilmuan,” ungkap dia.

BACA JUGA :  UIN Datokarama Tumbangkan Tuan Rumah di Cabor Taekwondo Pesona PTKN

Terkait hal itu Kepala UPT Perpustakaan UIN Datokarama Palu, Rifai, di Palu, Kamis, mengatakan lokakarya kepenulisan sampai penerbitan buku ber-ISBN dilaksanakan atas kerjasama UPT Perpustakaan dengan Literasi Nusantara yang merupakan salah satu penerbit buku.

“Semoga kegiatan  ini dapat memotivasi para dosen dan mahasiswa untuk menulis,” kata dia.

Menulis buku, sebut dia, telah menjadi satu kebutuhan dosen khususnya para dosen yang dipersyaratkan memiliki karya ilmiah dalam kenaikan pangkat.

“Olehnya kami melaksanakan kegiatan ini, sebagai satu solusi kepada dosen dan mahasiswa dalam proses penerbitan Buku,” ungkap Rifai.

UPT Perpustakaan UIN Datokarama menghadirkan narasumber Zulya Rachma Bahar dan Gusti Herizal yang merupakan editor pada Literasi Nusantara, dalam kegiatan lokakarya tersebut.(*)

BACA JUGA :  Ikut Program PKM, UIN Datokarama Palu Kirim Mahasiswinya ke Amerika

Laporan : TIM

Silakan komentar Anda Disini….