Sempat Tertunda karena Pandemi, Hari ini Festival Danau Poso 2022 Dimulakan

Kadis Pariwisata Provinsi Sulteng Diah Agustiningsih (Tengah)

Selain itu, Poso memiliki destinasi wisata yang sudah diunggulkan yaitu, Danau Poso dan Air Terjun Saluopa.

“Kali ini pelaksanaan FDP diselenggarakan kolaborasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. Ini sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat yang ada di Poso, dan juga wisatawan dari luar daerah Poso,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Lokal FDP, Faidul Keteng menyebutkan, FDP kali ini ditargetkan akan dihadiri sekitar 5000-7000 orang. Ia memperkirakan angka itu bisa capai.

Hal itu, kata dia, bisa dilihat dari semua fasilitas yang ada seperti homestay bahkan hotel-hotel di Kabupaten Poso sudah terisi penuh semenjak satu bulan sebelumnya.

BACA JUGA :  80 Produk UMKM dan IKM Dipamerkan di Lokasi Festival Danau Poso

“Dengan hadirnya begitu banyak orang hotel sangat terbatas, yang ada di sekitar hanya kurang lebih 300 kamar oleh sebab itu, kami mengupayakan agar rumah-rumah masyarakat itu bisa dijadikan homestay,” ucapnya.

Ia berharap dengan kehadiran ribuan pengunjung pada FDP nanti, bisa menambah pendapatan masyarakat setelah masa pandemi.

Kadis Pariwisata Poso, Noldi Tobondo menambahkan, Poso itu menarik untuk dikunjungi karena dikenal dengan daya tarik wisata alam dan wisata sejarah dan budaya.

BACA JUGA :  Pemkab Poso Targetkan 7.000 Pengunjung pada Festival Danau Poso 2022

“Kami beraharap melalui Festival Danau Poso ini, destinasi wisata yang ada di Kabupaten Poso ini lebih dikenal lagi di mata dunia. Sehingga semakin banyak lagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing berkunjung ke Poso,” harapnya.

Festival Danau Poso 2022 ini turut didukung oleh Bank Sulteng, Bank Indonesia, dan PT.Poso Energy.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari

BACA JUGA :  Bupati Verna Inkiriwang Targetkan Poso Bebas dari Status Travel Advisory 2023