Miris, Festival Budaya Moraa Tojo Unauna hanya Dibuka Kadis Pendidikan Sulteng

AMPANA, Kabar Selebes – Pembukaan Festival Budaya Moraa di Desa Uekuli Kecamatan Tojo Sabtu (22/10/2022) tak dihadiri Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura. Festival yang masuk agenda daerah itu ternyata hanya dibuka dan dihadiri oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Tengah Yudiawati V.  Windarrusliana.

Dalam sambutan tertulis yang dibaca kan Kadis Dikbud Sulteng, Gubernur mengatakan bahwa festival budaya ini merupakan  ajang pelestarian budaya dan kepariwisataan Daerah berbasis kearifan lokal seni dan budaya yang ada di Sulawesi Tengah khususnya yang ada di Tojo Unauna .

Gubernur juga berharap penyelenggaraan festival budaya seperti ini kedepan akan dilakukan di setiap Kabupaten Kota se Sulawesi Tengah dan menjadikan brand budaya dari masing masing Daerah sebagai identitas daerah.

BACA JUGA :  Puncak HUT Korpri Ke 51 di Tojo Unauna Menjadi Ajang Silaturahim Sesama ASN

Bupati Tojo Unauna Muhammad Lahay berharap Festival Budaya Moraa menjadi Warisan Budaya Indonesia.

Bupati Tojo Unauna menjelaskan bahwa Kabupaten Tojo Unauna merupakan Kabupaten yang dimekarkan dari induk Kabupaten Poso pada Tahun 2003.

Dengan jumlah penduduk 166.339 Jiwa, ada dua belas kecamatan, yang terbagi di wilayah daratan, enam kecamatan dan wilayah kepulauan enam kecamatan dan terdiri dari 134 Desa serta ada dua belas kelurahan.

BACA JUGA :  Cegah Banjir Lagi, Pemda Tojo Unauna Buat Jalur Air, Jalan Trans Sulawesi Ditutup Sementara

“Harapan kami, Festival Budaya Moraa ini menjadi ajang pertemuan masyarakat dan mempererat tali silaturahmi,” tandas Muhammad Lahay.

Festival Budaya Moraa secara resmi dibukan oleh  Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Tengah Yudiawati V.  Windarrusliana yang mewakili Gubernur didampingi Bupati dan Wakil Bupati Tojo Unauna serta perwakilan Dirjen Kementerian Pariwisata.(shl)

Berikut Foto – foto :

Laporan : Saiful Hulungo

BACA JUGA :  Banjir di Kabupaten Tojo Unauna, 100 KK Terdampak
Silakan komentar Anda Disini….