Puluhan Stakeholder di Palu Ikut Pelatihan Literasi Berita AMSI – Google News Initiative

Pelatihan Literasi berita AMSI dan GNI di Palu.(Foto: ist)

PALU, Kabar Selebes – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bekerja sama dengan Google News Initiative (GNI) menggelar pelatihan literasi berita di Kota Palu Sulawesi Tengah. Pelatihan akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 29 -30 Oktober 2022.

Pelatihan Literasi Berita dengan tema Pelatihan Literasi Berita untuk Publik melawan Mis/Disinformasi dibuka oleh Koordinator  Wilayah (Korwil) AMSI Indonesia Timur Upi Asmaradhana diikuti oleh sejumlah stakeholder di Sulawesi Tengah.

Ketua AMSI Sulteng Muhammad Ikbal mengatakan, pelatihan ini sangat penting dilakukan mengingat kurangnya literasi masyarakat dalam hal informasi dan berita.

BACA JUGA :  Sejumlah Media Lokal dan Nasional dapat Penghargaan AMSI Award 2022

“Kami berharap pelatihan ini menghasilkan jurnalis yang menjadi ujung tombak dalam melawan misinformasi dan disinformasi di Sulawesi Tengah karena makin terbukanya informasi membuat kita semakin tidak terkontrol dalam menyerap informasi,” kata Ikbal.

Korwil AMSI Indonesia Timur Upi Asmaradhana pada kesempatan yang sama menyebut, bahayanya disinformasi dan misinformasi utamanya di tahun-tahun  politik saat ini.

Masyarakat kata CEO Kabar Indonesia Grup itu, disuguhkan informasi yang beragam sehingga masyarakat tidak punya kesempatan untuk memilah mana informasi yang benar dan mana yang hoax.

BACA JUGA :  AMSI akan Selenggarakan Training Literasi Berita bagi Publik di 10 Wilayah

“Sehingga literasi berita menjadi penting agar kita tidak terjebak dalam belantara informasi yang tidak bertanggungjawab,” kata Upi.

Peserta pelatihan yang dilakukan oleh AMSI dan GNI di Palu ini kata Upi diharapkan menjadi penerus literasi berita bagi masyarakat.

Pelatihan ini menghadirkan trainer nasinal dari AMSI yakni I Nengah Muliarta, ketua AMSI Bali dan Fritz Wongkar, direktur Kabar Indonesia Grup.(*)

BACA JUGA :  Kejahatan Digital Perbankan Makin Marak, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Laporan : TIM

Silakan komentar Anda Disini….