CPM Adalah Perusahaan Tambang Emas Pertama Menggunakan Filter Press

Lokasi PT. Citra Palu Minerals (CPM) (Foto: Abdee Mari)

PALU, Kabar Selebes – PT Citra Palu Minerals (CPM) pemegang kontrak karya pertambangan emas di Kelurahan Poboya, Kota Palu merupakan perusahan tambang pertama di Indonesia yang menggunakan metode Filter Press (dry tailing) dalam mengelola limbah.

Manager Government Relation and Permit PT CPM, Amran Amier mengatakan khusus untuk pengelolaan tailing menggunakan metode pengolahan difiltrasi di unit Filter Press, sehingga dihasilkan tailing kering (80% padat) untuk disimpan di Waste Pile Berizin.

“Ini jauh lebih aman dari tailing konvensional. Sebab menggunakan metode pemisahan lumpur dan air yang kita gunakan untuk pengolahan selanjutnya sehingga air limbah tidak ke lingkungan,” kata Amran Amier.

BACA JUGA :  Komnas HAM Minta Penyelesaian Konflik Tambang Emas Poboya harus persuasif

Menurut Amran Amier, kelebihan sistem ini mengurangi penggunaan air bersih dan B3 (sianida).

“Kami juga selalu memastikan air limbah kegiatan pertambangan telah sesuai dengan baku mutu lingkungan yang ditetapkan. Limbah B3 yang dihasilkan disimpan di TPS Limbah B3 Berizin. Pengangkutan hanya dilakukan oleh Jasa Pengangkut Limbah B3 Berizin,” jelasnya.

Lanjut Amran Amier, kedepanya setelah mendapatkan izin dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), taling kering dari hasil pengolahan pabrik tersebut akan dimanfaatkan untuk bahan bangunan seperti batako, paving block dan lainya.

BACA JUGA :  Rumah Manajer Eksternal PT. CPM di Poboya Dilempari Bom Molotov

“Prinsipnya pengelolaan limbah di CPM ditangani menggunakan konsep 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Recover),” jelasnya.

Ia menambahkan, pengolahan limbah, baik domestik maupun Bahan Berbahaya Beracun (B3), sejauh ini sudah dibuatkan SOP, sekaligus bagaimana penanganannya ketika terjadi kondisi tanggap darurat.

PT Citra Palu Minerals (CPM) berkomitmen dan bertekad untuk beroperasi secara aman dan bertanggung jawab serta berusaha menciptakan lingkungan kerja yang aman dan kondusif.

Dalam operasionalnya mengutamakan kaidah good mining practice atau menerapkan kaidah pertambangan yang baik.(*/abd)

BACA JUGA :  CPM Semprot Disinfektan di Lima Kelurahan di Palu

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….