Berbekal Ikan Gabus, Meti dan Cakalang, Morut raih juara II Lomba masak serba ikan se-Sulteng

PALU, Kabar Selebes – Baru sehari dilantik menjadi Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Morowali Utara, Ketua Tim Penggerak PKK Morut Febriyanthi DJ. Hehi Hongkiriwang langsung mencatat prestasi dengan meraih juara II Lomba masak serba ikan yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng.

Kegiatan yang berlangsung di Taman GOR Jalan Siranindi Kota Palu, Kamis (3/11) itu, diikuti peserta dari 13 kabupaten dan Kota Palu serta Pemprov Sulteng. Mereka berlomba menyajikan berbagai jenis makanan serba ikan dalam tiga kategori yakni makanan bayi dibawah lima tahun (balita), kudapan dan makanan umum.

Kontingen Morut menyajikan makan balita yang mereka sebut tirex gabus (tibus) yang bahan dasar terbesarnya adalah ikan gabus (400 gr), kemudian alpukat (300 gr) serta tepung tapioka, telur ayam, tepung susu, daun seledri, garam dan air.

BACA JUGA :  Bupati Morowali Utara Minta Kepala Sekolah Berpacu Tingkatkan Mutu Pendidikan

Sedangkan kudapan mereka sebut Susi SCS (singkong-cakalang suai) yang terbuat dari ikan cakalang, ketimun (suai), wortel, daun singkong serta bumbu-bumbu. Sedangkan makanan umum mereka sebut Sukremi (sup krim meti) yang bahan dasarnya terbuat dari meti (kerang air tawar), tempe, bawang bombai, wortel, tepung terigu dan mentega serta berbagai bumbu.

Sebagai minumannya, tim Morut menyajikan es cendol ikan gabus, dimana cendolnya terbuat dari ikan gabus dan tepung tapioka serta gula merah dan santan.

Menurut Ketua Forikan Morut Febriyanthi, makanan yang disajikan ini mengandung protein dan zat-zat yang dibutuhkan untuk masyarakat, terutama ibu hamil dan menyusui, serta meningkatkan kecerdasan, kesehatan dan pencegahan stunting.

BACA JUGA :  Bupati Delis Akui Peranan Imam Masjid sangat Penting untuk Terciptanya Kerukunan dan Keamanan

“Ini sesuai sekali dengan program pembangunan Morut yang berikhtiar untuk menjadikan warga Morut menjadi lebih sehat, cerdas dan sejahtera,” ujar Feby yang juga Ketua PMI Morut itu.

Kepala Dinas Perikanan Morut Yunber Bamba, A.Pi, M.Si yang mendampingi Ketua Forikan Morut menjelaskan bahwa lomba memasak serba ikan ini dimenangkan oleh kontingen dari Kabupaten Sigi selaku Juara I, Juara II Morut dan Juara III Kabupaten Morowali.

Acara ini digelar setiap tahun bertepatan dengan Hari Ikan Nasional yang tujuan utamanya adalah meningkatkan kegemaran masyarakat untuk makan ikan (Gemarikan). Sulteng menargetkan tahun ini bisa meningkatkan konsumsi ikan masyarakat rata-rata 68,5 kg per kepala per tahun (perkapita).

Bupati Morut Deli J Hehi memberikan apresiasi kepada tim Morut atas capaian yang cukup menggembirakan tersebut dan menyerahkan uang tunai sebagai hiburan untuk anggota tim yang mengikuti lomba tersebut. (*/hen)

BACA JUGA :  Bupati Morut dan Ketua Tim Penggerak PKK Tinjau Pelayanan KB di Desa Menyoe

Laporan : Heandly

Silakan komentar Anda Disini….