Hadiri Rakornas Toponimi dan Batas Daerah, Bupati Morut : Penegasan Batas dan Kode Wilayah Tentukan Keberhasilan Pemilu Serentak

JAKARTA, Kabar Selebes – Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi yang didampingi Kabag Administrasi Pemerintahan Umum (Adpum) Krispen Masu, M.Si, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Direktorat Jenderal Toponimi dan Batas Daerah Kementerian Dalam Negeri di Hotel Horison Grand Serpong, Kamis.

Rakor yang diikuti sejumlah gubernur, wakil gubernur dan para bupati dan wali kota dari berbagai daerah di Indonesia itu membahas dan menyelesaikan permasalahan batas-batas daerah dan kode wilayah untuk kepentingan administrasi pemerintahan dan kependudukan, pertanahan, perizinan an Pemilu serentak.

Menurut Kabag Adpum Pemkab Morut Krispen Masu, penetapan batas wilayah ini memiliki peranan penting, terutama menjelang pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan pilpres dan pilkada 2024.

BACA JUGA :  Saksikan Gelar Pasukan, Bupati Morut Tak Tolerir Anggota Pol PP dan Damkar Terlibat Kasus Narkoba

Penetaan Tapal Batas ini akan menghasilkan pejelasan pengaturan tata ruang, kejelasan cakupan wlayah administrasi pemerintahan, kejelasan luas wilayah, dan kejelasan administrasi kependudukan.

Terkait pemilu, penetapan batas wilayah akan memberikan kejelasansoal daftar pemilih pemilu dan pilkada, kejelasan administrasi pertanahan, kejelasan perizinan dan kerangka penegasan batas kecamatan dan desa/keelurahan.

“Penegasan batas daerah tidak menghapus hak atas tanah, kepemilikan asset, hak ulayat dan hak adat pada pasyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wabup Morut Hadiri Tax Gathering di Bungku, Dua Perusahaan Tambang Morut Terima Penghargaan Dirjen Pajak

Bupati Morut Delis J. Hehi menegaskan bahwa tertibnya tata batas dan kode data wilayah administrasi pemerintahan sangat menentukan dalam sukses penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024. (*/hen)

Laporan : Heandly

Silakan komentar Anda Disini….
BACA JUGA :  Dewan Adat Wita Mori Gelar Musyawarah, Akui Hanya Satu Kepengurusan