Hari Pahlawan 10 November 2022, Bupati Morowali Tabur Bunga di Dermaga Bungku

Bupati Morowali, Taslim, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Tema Hari Pahlawan 2022 adalah "Pahlawanku, Teladanku." (Foto: Kominfo)

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali memperingati Hari Pahlawan 2022. Dilaksanakan dalam upacara Tabur Bunga di Dermaga Bungku, Kelurahan Marsaoleh, Bungku Tengah, Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Kamis (10/11/2022) pagi.

Pada kesempatan itu, Bupati Morowali, Taslim, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Tema Hari Pahlawan 2022 adalah “Pahlawanku, Teladanku.” Sesuai tema, momentum nasional itu diperingati untuk meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam upacara, dihadiri Wakil Bupati Najamudin, dan Dandim Letkol Inf Constatinus Rusmanto. Diikuti juga oleh unsur Forkopimda, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan insan Pers.

BACA JUGA :  Pemkab Morowali dan Unhalu Kendari Gelar Seminar SSH HSPK dan ASB 2023

Pelaksanaan upacara berlangsung dengan khidmat, aman dan tertib yang diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan.

Pada upacara tersebut dilakukan pelarungan karangan bunga di laut oleh Irup, Bupati Taslim. Dilanjutkan dengan penaburan bunga yang diikuti Wakil Bupati, Forkopimda dan tamu undangan lainnya sebagai simbol penghormatan kepada pahlawan bangsa.

Diketahui, Hari Pahlawan digelar bertujuan untuk memperingati pertempuran besar antara pasukan Indonesia dan sekutu pada 10 November 1945 di Surabaya.

BACA JUGA :  Atasi Kelangkaan Stok Darah, PMI Morowali Bangun Gedung Unit Donor Darah

Olehnya, untuk menghormati jiwa para pahlawan yang gugur dan semangat perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan saat itu, maka setiap 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan oleh Presiden Soekarno.

Hari Pahlawan ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959. (kominfo/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….
BACA JUGA :  Pererat Hubungan Kemitraan, Polres dan Jurnalis Morowali Coffee Morning