30 Pelajar Muslim Palu dapat Latihan Pendidikan Dasar Kepemimpinan dari DMI Sulteng

Puluhan pelajar di Palu yang ikut pelatihan dasar kepemimpinan di DMI Sulteng

PALU, Kabar Selebes – Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW DMI) Provinsi Sulawesi Tengah mengasah potensi kepemimpinan 30 pelajar beragama Islam tingkat SLTA sederajat di Kota Palu, untuk membentuk karakter dan kemampuan kemimpinan di masa mendatang.

“Kepemimpinan merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang,” kata Ketua Panitia Latihan Dasar Kepemimpinan Islam Muhammad Iqbal, di Palu, Jumat.

DMI Sulteng mengasah potensi kepemimpinan 30 pelajar melalui kegiatan latihan dasar kepemimpinan Islam, yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 11 – 13 November 2022 di Kota Palu.

BACA JUGA :  DMI Sulteng Salurkan Logistik untuk Warga Terdampak Banjir Parigi Moutong

Ia mengatakan generasi muda merupakan pemimpin masa depan, di mana kualitas generasi muda akan menentukan masa depan bangsa di masa mendatang. Dengan demikian, menurut dia, baik buruk suatu umat atau bangsa tergatung pada pemudanya.

Oleh karena itu, kata dia, perlu dilatihan satu pembinaan karakter generasi muda khususnya pelajar, yang dilakukan secara berkesinambungan.

“Oleh karena itu kami melaksanakan pelatihan ini untuk membentuk karakter pelajar dan skill sebagai calon pemimpin, serta untuk membangun kepercayaan diri, dan mendorong pelajar agar belajar terampil dalam berorganisasi,” ungkap dia.

BACA JUGA :  Abdul Rauf Serang Buka Musyawarah Cabang DMI Kecamatan Taopa

Sementara itu Sekretaris Umum PW DMI Sulteng Muchtar Ibnu Masud mengatakan latihan dasar kepemimpinan bagi pelajar muslim, merupakan salah satu bentuk pembinaan umat yang dilakukan secara berkesinambungan oleh DMI.

“Sesuai arahan Ketua Umum PW DMI Sulteng bapak Ahmad M Ali bahwa DMI sebagai organisasi umat, fokus pada pembinaan umat, di dalamnya termasuk pembinaan mental dan karakter,” ucap Muchtar.

Pembinaan umat, kata dia, dilakukan dengan berbagai pendekatan, yang tujuannya untuk mengimbangi perkembangan zaman yang ditandai dengan kemajuan sistem teknologi informasi dan komunikasi.

“Kita ketahui bersama bahwa kemajuan zaman, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, mempengaruhi gaya hidup manusia. DMI, sebagai organisasi umat, mengoptimalkan pembinaan umat dengan pendekatan agama untuk membentuk dan meningkatkan wawasan keislaman umat,” katanya.(*)

BACA JUGA :  Demi Tingkatkan Fungsi Masjid, Lima Pengurus Daerah DMI di Sulteng akan Segera Dilantik

Laporan : TIM

Silakan komentar Anda Disini….