MTQ Ke-XII di Bahodopi Resmi Dibuka, Bupati: MTQ Jalan Mengedukasi Umat untuk Mencintai dan Membumikan Al-Qur’an

MOROWALI, Kabar Selebes – Bupati Morowali, Taslim, secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XII Tingkat Kabupaten Morowali, pada Minggu (13/11/2022) malam.

Pembukaan berlangsung di pelataran Masjid Raya, Desa Bahodopi, Bahodopi, Morowali, Sulawresi Tengah (Sulteng). Mengusung tema ‘’Melalui MTQ ke-XII, Kabupaten Morowali Tahun 2022, Kita Ciptakan Masyarakat yang Agamis, Harmonis dan Sejahtera’’.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Bupati Najamudin, Forkopimda, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Morowali, Mauludin, Kandepag Morowali Asat Latopada, Ketua LPTQ Morowali Yusman Mahbub, kepala OPD, camat se-Morowali, tokoh agama dan masyarakat, serta kafilah dari 9 kecamatan se-Morowali.

Pada kesempatan itu, Bupati Taslim mengatakan, pelaksanaan MTQ bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengembangan nilai-nilai keagamaan di masyarakat.

BACA JUGA :  Wakil Bupati akan Berikan Bonus Bagi Kafilah Poso yang Juara di MTQ Sulteng 2022

“Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam dan Ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi, serta meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif daripada kitab suci Al-Qur’an bagi umat Islam,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan MTQ bukan hanya sebagai momentum untuk mencari kader terbaik pada persiapan kegiatan MTQ tingkat provinsi maupun nasional. Namun untuk menciptakan masyarakat atau aparatur yang memahami isi kandungan Al-Qur’an dalam lingkungan masyarakat maupun dalam birokrasi.

“Saya berharap, MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an,” harap Taslim.

BACA JUGA :  Polri Peduli Sesama, Kapolres Serahkan Hasil Donor Darah ke Bupati Morowali

Olehnya, para peserta MTQ tidak hanya mengejar kemenangan, akan tetapi lebih kepada upaya memupuk motifasi dan keinginan yang kuat dalam menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Qur’an, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

Usai sambutan, Bupati bersama Wakil Bupati, Ketua LPTQ, Kandepag, dan Asisten I, memukul beduk dan menekan tombol sirene pertanda MTQ ke-XII di Bahodopi resmi dibuka.

Perhelatan MTQ ke-XII tersebut, akan berlangsung selama 6 hari, yakni mulai 12 – 17 November 2022. Dengan jumlah peserta sebanyak 324 orang dari 9 kecamatan se Morowali.

Jenis lomba diantaranya, Cabang Tilawatil Qur’an, Cabang Tartil Qur’an, Cabang Hifzhil Qur’an, dan Cabang Hafalan Hadits Nabi.

BACA JUGA :  Peduli Covid-19, Persatuan Jurnalis Morowali Salurkan Bantuan Sembako ke Kaum Dhuafa

Panitia Pelaksana juga menyediakan 8 paket umrah bagi para juara 1, dan 1 paket umrah bagi para Dewan Hakim yang peruntukannya akan diundi saat penutupan MTQ. (kominfo/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….