Sulawesi Tengah

Jelang Akhir Tahun, Kantor Pertanahan Tojo Unauna sampaikan Progres Capaian Program Nasional  

103
×

Jelang Akhir Tahun, Kantor Pertanahan Tojo Unauna sampaikan Progres Capaian Program Nasional  

Sebarkan artikel ini
Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Unauna Rusli M. Mau S. SIT menyampaikan paparannya kepada wartawan

AMPANA, Kabar Selebes – Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Unauuna menyampaikan progres capaian program strategis nasional Rabu (23/9/2022) di Lawaka Kelurahan Dondo, Kabupaten Tojo Unauna, Kecamatan Ratolindo.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tojo Unauna Rusli M. Mau S. SIT menyampaikan ada lima progres program strategis nasional Tahun 2022.

Yang pertama pendaftaran tanah  sistimatis lengkap (PTSL), redistribusi tanah (Redist)  lintas sektoral (Lintor), IP4T dan BMN.

“Untuk Pendaftaran Tanah  Sistimatis Lengkap atau PTSL  Tahun 2022 di Kantor pertanahan Kabupaten Tojo Unauna mencapai 70,87 persen dari target peta bidang tanah (PBT) sejumlah 1190 bidang dan sertifikat hak atas tanah sejumlah 1900 bidang,” kata Rusli.

BACA JUGA :  Polres Tojo Unauna selesaikan 50% Kasus Menonjol di 2023

Selanjutnya redistribusi tanah di Kabupaten Tojo Unauna mencapai 85 persen  dari target 2090 bidang dimana yang terealisasi pemetaan sejumlah 2029.

Bidang relisasi iventarisasi 1919 berkas, dan target 20 Desa masing masing Desa Toliba, Ujung Tibu, Nggawia, Tombiano, Tanamawau, Lemoro, Karandoda, Dataran Bugi, Uekuli Podi, Buyun Taripa, Cempa, Tobamawu, Rompi, Balingara, Bulan Jaya, Giri Mulyo, Mpoa, Suka Maju, dan Kololio.

“Untuk Lintas Sektoral untuk Ukm dan Ndlayan tangkap 2022 di Tojo Unauna mencapai 95 persen dari target 239 bidang di enam Desa di antaranya Desa ujung Tibu, Uekuli, Kajulangko, Bahari, Tampabatu, Nggawia,” kata dia.

BACA JUGA :  PPP Tojo Unauna Siapkan Bakal Calon Bupati untuk Pilkada 2024

Sementara, barang milik negara Kabupaten Tojo Unauna jumlah bidang total 21.

Untuk IP4T atau investasi penguasaan , pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang diolah dengan sistim informasi geografis sehingga menghasilkan peta dan informasi penguasaan tanah oleh pemohon ada dua desa.

Di antaranya Urundaka target 1100 penyuluhan 110 ivdntarisasi 1100 analisa data 1100. Desa Borone target 400 penyuluhan 400 iventarisasi 400 analisa data 400 semuanya selesai.

BACA JUGA :  Wakil Ketua Banggar DPR-RI Muhidin Said Kunjungan Kerja di Tojo Unauna

Untuk kegiatan Ip4t dilaksanakan di Desa Urundaka Borone dengan target 1500 bidang dan yang sudah terealisasi oendataanya bulan Juni 2022.

Yang terakhir pensertifikat aset PLN. Untuk mempercepat sertifikasi aset negara Kantor pertanahan Tojo Unauna telah  bekerja sama dengan PT.  PLN (persero) menyelesaikan sertikasi aset PLN sejumlah 13 bidang yang tersebar di Desa Borone, Mantangisi, Malei Tojo, Padang Tumbuo, dan Uebone.

Saat ini 10 bidang telah diseeahkan 3 bidang dalam proses berkas   permohonan SK HGB badan Hukum.(shl)

Laporan: Saiful Hulungo