Isyaratkan Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Seruan Jokowi Dikritik

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri depan), Presiden RI Joko Widodo (tengah), dan sejumlah pejabat saat akan meresmikan sebuah proyek pembangkit listrik di Ujung Negoro, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, 28 Agustus 2015.(Antara/BenarNews.org)

JAKARTA, Kabar Selebes – Pernyataan Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang ditafsirkan sebagai dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden 2024 menuai kritik dari sejumlah pihak termasuk dari PDI-Perjuangan, partai kedua tokoh itu.

Jokowi, dalam pertemuan dengan lebih dari 100 ribu warga dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno pada akhir pekan lalu, meminta kepada para pendukungnya itu untuk memilih pemimpin yang memikirkan rakyatnya sehingga rambutnya menjadi putih.

Pernyataan itu dipahami publik sebagai mengacu kepada Ganjar, satu-satunya yang berambut putih dari sejumlah kandidat yang digadang-gadang sebagai calon presiden dalam Pemilu 2024.

BACA JUGA :  Tangkal Informasi Hoaks, KPU Sulteng Manfaatkan Medsos

“Ini sudah menjadi rahasia umum bahwa Jokowi dekat dengan Ganjar. Rambut putih adalah Ganjar. Pilihan paling mungkin karena karakternya yang mirip, visi dan misinya sama, dan ikatan dukungan besar,” kata peneliti pada Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor kepada BenarNews, Selasa.

Namun, Firman menambahkan bahwa pernyataan Jokowi itu disampaikan pada waktu yang tidak tepat, mengingat Indonesia masih menghadapi dampak bencana gempa dan seruan tersebut juga dianggap prematur karena pemilu masih 15 bulan lagi, yaitu 14 Februari 2024.

BACA JUGA :  Komitmen Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Kristen, Partai Demokrat Sulteng Temui Majelis Sinode GKST

“Di Cianjur sana sedang ada bencana, ini malah ketemu fans. Harusnya Jokowi menjadi presiden buat semua. Ini tidak negarawan,” kata Firman.

Menurut Jokowi, pemimpin yang memikirkan rakyat terlihat dari wajahnya yang banyak kerutan dan rambut yang beruban.

BACA JUGA :  Dianggap Berpengalaman di Bidang Ekonomi, Erick Thohir Dideklarasikan KAHMI Muda sebagai Cawapres 2024