Sambut Hari Jadi Morowali ke-23, Pemda Gelar Dzikir dan Tabligh Akbar

Dzikir dan Tabligh Akbar yang digelar di Lapangan Sangiang Kinambuka, Bungku Tengah, pada Jumat (02/12/2022) malam. (Foto: Doc.)

MOROWALI, Kabar Selebes – Dalam menyambut Hari Jadi kKabupaten Morowali ke-23 tahun 2022, pemerintah daerah (Pemda) menyelenggarakan Dzikir dan Tabligh Akbar, pada Jumat (02/12/2022) malam.

Dzikir dan Tabligh Akbar dipimpin langsung oleh Ustad Maulana Jasmudin Rone. Terlihat skitar ratusan masyarakat Morowali memadati lapangan Sangiang kinambuka Kelurahan Marsaoleh, Bungku Tengah, Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Jamaah yang hadir penuh khusyuk melantunkan kalimat dzikir memuji Asma Allah, seraya berdoa bersama agarn Morowali senantiasa dilindungi Allah SWT. Sehingga selalu aman dan kondusif serta terhindar dari segala bentuk bencana.

Wakil Bupati Morowali, Najamudin, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara atas terlaksananya dengan sukses kegiatan ini.

Ia menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah maupun instansi vertikal yang telah mendukung penuh kegiatan pengembangan agama di daerah Morowali.

“Alhamdulillah pemerintah maupun pihak swasta untuk mengembangkan agama di daerah ini terus dilakukan. Pemda hari ini di bidang pembangunan agama sangat luar biasa,” ungkap Najamudin.

“Kabupaten yang mayoritas muslim di Sulteng adalah Morowali, bahkan dalam sejarah datokarama menyatakan hasil penelitian bahwa Morowali yang pertama masuknya Islam di Suiteng. Dibuktikan dengan masjid tua Bungku yang ditetapkan Kementerian Pendidikan Nasional sebagai sejarah yang harus dilindungi,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pemkab Morowali dan Unhalu Kendari Gelar Seminar SSH HSPK dan ASB 2023

Dikatakannya lagi, agar relevan dengan visi Morowali yang Lebih Sejahtera Bersama, maka pembangunan agama yang religius dibidang budaya sangatlah penting.

“IPTEK dan IMTEK harus searah,” tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Ustad Maulana Jasmudin Rone dalam ceramahnya menyampaikan cara bersyukur kepada Allah SWT. Ia mengajak Seluruh jamaah untuk senantiasa memiliki rasa bersyukur kepada Allah SWT.

“Olehnya kita semua dari hati yang paling dalam untuk senantiasa bersyukur kepada Allah atas semua limpahan rahmatNya kepada kita tentunya kepada wilayah Morowali yang kita cintai ini,” ujarnya.

“Mari doakan pemimpin kita senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah SWT kepada mereka khususnya bupati dan wakil Bupati Morowali. Dengan harapan insya Allah Morowali lebih sejahtera ke depannya,” harap Jasmudin.

Dijelaskannya bahwa Hari jadi Morowali yang ke-23 jika dikaitkan dalam Alquran pada surah yang ke 23 adalah surah Al mu’minun dan Ayat ke 23 dari surat Al-Mu’minun menyatakan Allah berfirman “Dan sungguh, Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya, lalu dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah, (karena) tidak ada tuhan (yang berhak disembah) bagimu selain Dia. Maka mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”

BACA JUGA :  Catur Silaturahmi Meriahkan Momentum Hari Bhayangkara ke-76

“Maka dari sini saya melihat ternyata, nabi Nuh As dari semua pada nabi Allah SWT berikan kepada beliau satu sifat yang mengungguli nabi nabi yang lain. Kelebihan yang Allah SWT kepada nabi Nuh As karena beliau memiliki sifat syukur. Maka jadi manusia kita harus pandai bersyukur kepada Allah, apalagi kita diberikan negeri keutamaan yang luar biasa. Dengan bersyukur maka Allah akan mengkekalan nikmat ini, dan kita akan mendapatkan Ridha nya. Olehnya Senantiasa lidah ini kita basahi dengan Alhamdulillah.”

“Syukur adalah sifat Allah. Maka syukur, Allah akan memberi balasan yang lebih bagi umatnya. Kemudian Syukur itu sendiri adalah sifat para nabi. Sebagai visi misi bupati dan wakil Bupati Morowali membawa Morowali lebih sejahtera bersama, Ukuran sejahtera bersama itu sendiri ketika masyarakat bersyukur kepada Allah SWT. Maka Ingat nikmat Allah agar lahir syukur dalam hati. Dengan pandainya kita bersyukur kepada Allah kita akan tambah dekat dengan Allah SWT.” Mari kita Bermunajat kepada Allah SWT semoga niat kita semua bisa diijabah Allah SWT,” tutur Najamudin.

BACA JUGA :  Pencegahan Covid-19, Bendahara Partai NasDem Bantu APD Pemda Morowali

Dilanjutkan dengan, penyerahan piagam penghargaan serta bonus uang tunai Rp. 7.500.000 oleh Bupati Morowali kepada Moh. Fajar terbaik 1 Bintang Vokalis Remaja Pada Festival Seni Qasidah Tkt. Nasional di Palembang Tahun 2022. Kegiatan ini turut Dimeriahkan oleh Sibad Gambus entertainment Palu. (kominfo/ahl)

Laporan: Ahyar Lani