Sulawesi Tengah

Cegah Kecelakaan Tambang, Karyawan CPM Gelar Apel Pagi dan Inspeksi Bersama

298
×

Cegah Kecelakaan Tambang, Karyawan CPM Gelar Apel Pagi dan Inspeksi Bersama

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Ratusan Karyawan PT Citra Palu Minerals (CPM) dan Kontraktor menggelar Apel Pagi dan Inspeksi Bersama Peningkatan Kewaspadaan Dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Tambang, Jumat (16/12/2022) pagi. Apel yang digelar di halaman site PT CPM ini dipimpin Kepala Teknik Tambang PT Citra Palu Minerals (CPM) Yan Adriansyah.

Apel pagi dan inspeksi bersama ini digelar Sesuai dengan surat edaran Dirjen Minerba Kementrian ESDM No 10.E/MB.07/DBT.KP/2022. Dalam surat edaran tersebut Dirjen Minerba meminta kepada perusahaan pertambangan untuk melaksanakan Apel Pagi dan Inspeksi Bersama Peningkatan Kewaspadaan dalam Upaya Pencegahaan Kecelakaan Tambang dengan sejumlah ketentuan diantaranya Apel Pagi dipimpin langsung oleh KTT dan dihadiri oleh Penanggung Jawab Operasional (PJO), pengawas dan pekerja guna mensosialisasikan intisari dari tiga surat edaran serta mengingkatkan kepada semua pekerja untuk selalu bekerja secara aman dan sesuai peraturan.

BACA JUGA :  CPM tegaskan air di lubang tambang miliknya tidak berbahaya bagi lingkungan

Kepala Teknik Tambang PT CPM Yan Adriansyah dalam sambutannya menyampaikan 29 poin utama yang harus diterapkan di perusahaan terkait dengan keselamatan pertambangan sesuai dengan surat edaran Dirjen Menerba Kementrian ESDM. Poin tersebut diantaranya dilarang melakukan kegiatan operasional tanpa adanya perencanaan kerja yang mempertimbangkan manajemen risiko, tanpa adanya prosedur operasi kerja memadai serta tanpa menggunakan alat pelindung diri atau alat keselamatan kerja sesuai dengan jenis bahaya dan risiko pekerjaanya.

BACA JUGA :  Ada Oknum Pengusaha JF di PETI Kayuboko, Komnas HAM Sebut Polda Sulteng Tutup Mata

“Sehubungan telah terjadinya lima kasus kecelakaan tambang yang mengakibatkan 14 pekerja tambang meninggal dunia di sejumlah perusahaan pertambangan di Indonesia, saya menyampaikan kepada rekan-rekan semuanya agar patuh terhadap SOP serta peraturanya lainye terkait keselamatan bekerja”, kata Yan Adriansyah.

Yan Adriansyah juga meminta kepada karyawan maupun pihak kontraktor agar memperhatikan area kerja agar mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang mengibatkan cedera hingga kehilangan nyawa.

BACA JUGA :  Saling Sepakat, Masyarakat Poboya Buka Blokade Jalan ke site PT CPM

Apel Pagi bersama yang dimulai pukul 07.45 Wita tersebut berjalan dengan lancar.(*/abd)