PilihanSulawesi Tengah

Akhirnya SusiAir Masuk Bandara Tanjung Api Ampana Lagi, Pemerintah Setempat Diminta Jaminan

612
×

Akhirnya SusiAir Masuk Bandara Tanjung Api Ampana Lagi, Pemerintah Setempat Diminta Jaminan

Sebarkan artikel ini

AMPANA, Kabar Selebes – Setelah lebih dua tahun Bandara Tanjung Api Ampana kabupaten Tojo Unauna ditinggalkan jasa penerbangan, kini bandara itu kembali diisi oleh satu jasa penerbangan.

Saat ini terhitung tanggal 2 Pebruari  2023, pesawat perintis Susi Air kembali beroperasi di Ampana dengan route Palu  – Ampana.

Pesawat dengan kapasitas 13 seat ini harga tiketnya jauh lebih ekonomis. Hal ini jika dibandingkan menggunakan mobil.

BACA JUGA :  Hujan Deras, Ampana Dilanda Banjir, Warga Siap-siap Mengungsi

Kehadiran penerbangan lagi di Bandara Tanjung Api Ampana ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Namun, pemerintah daerah  baik eksekutif dan pihak legislatif serta  bandara perlu meyakikan masyarakat Tojo Unauna bahwa bepergian dengan menggunakan  jasa transportasi udara itu aman.

Kepala Bandara Tanjung Api Amana Muchtar mengaku bersyukur sudah ada pesawat perintis yakni SusiAir di Ampana, walaupun dengan kapisitas penumpang yang terbatas.

BACA JUGA :  Bupati Bebas Tugaskan Suami Sekda Tojo Unauna dari Jabatan Kadis PU 

“Perlu semua kita ketahui di beberapa bandara  Indonesia  misalkan Purbalingga itu harus meyakinkan maskapai agar mereka tidak mengalami kerugian dengan cara Block Seat. Artinya pihak  pemerintah bisa menjamin ketersediaan penumpang terhadap maskapai sehingga mereka tidak lagi merugi,” kata Muchtar.

Di beberapa bandara kata dia, saat ini lewat Susi Air mendapatkan subsidi dari kementrian perhubungan  khusus rute Seko, Massamba, Palu dan Ampana.

BACA JUGA :  Dinas Perikanan Touna Kembali Tangkap Pelaku Destructive Fishing

“Saya hanya berharap dengan adanya Susi Air masuk Ampana tidak ada yang namanya block seat lagi sehingga tugas kita semua untuk meyakinkan maskapai bahwa Touna harus meningkatkan jasa penerbangan agar ada pesawat yang mau masuk ke Tojo Unauna,” kata Muchtar.

Untuk itu kata dia, masyarakat tidak perlu khawatir  menggunakan pesawat SusiAir.(shl)