Tutup
Sulawesi Tengah

Awal Tahun 2023, Desa Pande Buka Jalan Menuju Kantong Produksi Petani

×

Awal Tahun 2023, Desa Pande Buka Jalan Menuju Kantong Produksi Petani

Sebarkan artikel ini
Sebuah Excavator tengah membuka jalan menuju kantong produksi di Desa Pande (foto : Hasan Bunyu)

MOUTONG, Kabar Selebes—Awal tahun 2023 ini, Pemerintah Desa Pande memulai pembukaan jalan menuju kantong produksi petani yang berada di Dusun 1 Desa Pande Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah.

Kepala Desa Pande Matlun menerangkan, jika Pemerintah Desa Pande menggelontorkan Dana Desa (DD) tahap pertama sebesar 92 juta rupiah.

Advertisment
Scroll hingga akhir

“Dana DD ini di gunakan untuk peruntukkan pembukaan jalan sejauh 286 meter dan lebar empat meter,” terangnya.

Pantauan awak KabarSelebes.id di lokasi, Kamis 2 Februari 2023 pukul 13:20 Wita, tampak sebuah alat berat excavator merk Sumitomo, tengah sibuk membuka jalan.

“Kami memberikan fasilitas terbaik kepada masyarakat agar mereka lebih mudah menjual hasil pertanian mereka,” ucap Matlun, sang Kades Pande.

Matlun juga mengatakan, sebelumnya warganya yang memiliki perkebunan di sekitar jalan tersebut, kerap terkendala jika membawa hasil perkebunannya.

“Mereka biasa memutar ke jalan yang agak jauh untuk sampai di jalan utama. Itu belum lagi kalo musim penghujan seperti sekarang ini pak. Pasti repot,” jelas Matlun.

Matlun menguraikan, awal tahun ini, pemerintah desanya fokus pada arah penguatan sektor perekonomian. Maka dari itu urainya lagi, salah satunya adalah fokus untuk peningkatan jalan sentra produksi pertanian dan milik masyarakat.

” Ke depannya,  infrastruktur jalan ini akan menunjang sehingga akan membantu masyarakat meningkatkan hasil pertaniannya. Karena sudah sangat muda memasok pupuk dan lain sebagainya ke kebun mereka,” terang Matlun.

Dan tak menutup kemungkinan tukas Matlun, masyarakat akan membangun rumah di sepanjang jalan baru ini. “Sehingga secara otomatis, Desa Pande ini akan berkembang dan pasti jumlah penduduk Pande akan bertambah,” yakin Matlun. (hcb)

Silakan komentar Anda Disini….