Palu

Dinas Damkarmat Palu Edukasi Anak Usia Dini Tentang Pencegahan dan Mitigasi Kebakaran

51
×

Dinas Damkarmat Palu Edukasi Anak Usia Dini Tentang Pencegahan dan Mitigasi Kebakaran

Sebarkan artikel ini
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran memberikan penjelasan kepada siswa pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak mengenai upaya pemadaman kebakaran di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (9/2/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu)

PALU, Kabar Selebes – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu memberikan edukasi kepada anak-anak usia dini mengenai upaya pencegahan dan mitigasi kebakaran.

“Anak usia dini perlu diberi pemahaman bahaya kebakaran, paling tidak mereka punya dasar bagaimana tindakan-tindakan dilakukan bila terjadi situasi darurat,” kata Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu Yohan Wahyudi di Palu, Kamis, seperti dikutip ANTARA.

BACA JUGA :  Pemkot Palu Intervensi 400 Ibu Hamil Kekurangan Energi Kronis untuk Mencegah Stunting

Ia mengatakan bahwa bila tidak diawasi saat bermain, anak-anak bisa melakukan tindakan yang bisa memicu terjadinya kebakaran, seperti menyalakan pemantik di tempat-tempat yang rawan terbakar.

“Dalam beberapa kasus kebakaran kami tangani, pemicunya dari anak bermain pemantik api di dalam rumah, (apinya) merembet ke barang-barang mudah terbakar hingga menimbulkan kobaran api,” katanya.

“Karena itu kami juga meminta orang tua mengawasi aktivitas anak saat bermain di rumah. Sebisa mungkin hindarkan mereka dari peralatan yang bisa memicu kebakaran, termasuk alat-alat kelistrikan, supaya tidak menimbulkan bahaya,” ia menambahkan.

BACA JUGA :  Jumlah Positif Corona di Kota Palu Tidak Bertambah Berkat Ketatnya Pemeriksaan di Pintu Masuk

Yohan menjelaskan bahwa kegiatan edukasi pencegahan dan mitigasi kebakaran pada anak antara lain dilakukan dalam kunjungan rutin siswa pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak ke Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Kepada siswa pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak di Kota Palu maupun Kabupaten Sigi dan Donggala yang berkunjung, ia mengatakan, petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan juga menyampaikan informasi mengenai upaya pemadaman kebakaran.

BACA JUGA :  Rumah Singgah Sahabat Masjid Diresmikan, Walikota Palu :  Insya Allah Jadi Amal Baik

“Sebagai instansi pelayanan publik, kami sangat senang dikunjungi anak-anak, dan kami menjelaskan satu persatu fungsi peralatan kami gunakan kepada mereka. Menurut saya ini salah satu metode pembelajaran yang baik kepada anak usia belia,” katanya.(ANT)