Tutup
Sulawesi Tengah

Sosialisasi Rekrutmen Komponen Cadangan Matra Darat di Kawasan PT IMIP

×

Sosialisasi Rekrutmen Komponen Cadangan Matra Darat di Kawasan PT IMIP

Sebarkan artikel ini
Foto: Humas Kodim 1311 Morowali

MOROWALI, Kabar Selebes – Danrami 1311-02 Bungku Selatan, Kolonel Inf Adrianus Gintu, memberikan motifasi kepada seluruh jajaran security di PT IMIP untuk wawasan belanegara.

Sekaligus sosialisasi rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat tahun anggaran 2023. Kegiatan bertempat di halaman PT IMIP pada Senin (13/02/2023) pagi.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan pimpinan perusahaan, sekaligus manager security untuk mempresentasikan, serta memberikan sosialisasi kepada jajaran security dan karyawan perusahaan jajaran PT IMIP tentang rekrutmen Komcad.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali sangat mendukung dibukanya perekrutan Komcad 2023 yang diadakan oleh pemerintah melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI). Bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan cinta tanah air dan bela negara.

Pendaftaran Komcad sudah dimulai sejak 1 Januari hingga 14 April 2023. Dilanjutkan dengan seleksi administrasi pada 17 hingga 25 April 2023. Seleksi kompetensi mulai 26 April hingga 5 Mei 2023. Kemudian dilakukan sidang penetapan kelulusan akhir dalam seleksi penerimaan (Pantukhir).

Setelah itu, calon Komcad yang dinyatakan lolos akan mengikuti pelatihan dasar kemiliteran di Rindam XIII Merdeka selama tiga bulan, terhitung sejak 8 Mei hingga 5 Agustus 2023.

“Minggu kedua dan ketiga rencana latihan pembulatan dan upacara penetapan. Setelah mengikuti kegiatan selama tiga bulan, Komcad dikembalikan ke tempat mereka masing-masing. Guru kembali jadi guru, dan yang lainnya,” jelas Adrianus Gintu.

Ia berharap seluruh kalangan masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan rekrutmen penerimaan Komcad 2023.

Program ini sebagai salah satu bentuk pengabdian dan kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam arahannya, Adrianus mengajak agar sosialisasikan dan ajak seluruh masyarakat untuk memenuhi syarat penerimaan menjadi rekrutmen Komcad.

Sementara itu, Dirjen Pothan Kementerian Pertahanan RI Mayor Jenderal Dadang Hendrayudha menuturkan, sosialisasi rekrutmen Komcad harus disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia, melalui Kodam XIII Merdeka beserta jajarannya.

Jumlah tertentu yang akan terpilih menjadi anggota Komcad berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Seperti ASN, pekerja swasta, wirausaha, civitas akademika, generasi muda dan komponen masyarakat lainnya.

Adapun persyaratan menjadi anggota Komcad antara lain membuat surat lamaran, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, surat keterangan dari lurah/kepala desa, surat keterangan catatan kepolisian, ijazah terakhir, surat izin dari orang tua/suami dan istri, surat izin dari instansi/perusahaan/universitas.

“Komcad bukan profesi tetapi wujud nyata kecintaan kita terhadap bangsa dan negara. Selama mereka mengikuti Latsar tiga bulan, dan hak-hak mereka akan dijamin,” kata Dadang Hendrayudha.

Semua tokoh adat dan masyarakat senantiasa bekerja sama dengan Kodim 1311 Morowali, agar pelaksanaan rekrutmen Komcad 2023 terselenggara semaksimal mungkin.

Sebagai informasi, pendaftaran Komcad Matra Darat 2023 dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat melalui jajaran Koramil wilayah Kabupaten Morowali dan Kabupaten Morowali Utara dengan syarat usia mulai 18 hingga 35 tahun.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti perwakilan dari instansi pemerintahan kecamatan setempat, dan dari pihak pimpinan perusahaan. Kegiatan tersebut berjalan dengan aman terkendali. (hms/ahl)