Tutup
Politik

Kembali, Anggota Fraksi Gerindra Sulteng Salurkan Puluhan Paket Bidan Kit di Balut

×

Kembali, Anggota Fraksi Gerindra Sulteng Salurkan Puluhan Paket Bidan Kit di Balut

Sebarkan artikel ini
ANGGOTA DPRD Provinsi Sulawesi Tengah dari Fraksi Gerindra Winiar Hidayat Lamakarate merealisasikan program bantuan paket berupa alat-alat kebidanan atau Bidan KIT di Kabupaten Banggai Laut. FOTO: DOK FRAKSI GERINDRA DPRD SULTENG

BALUT, Kabar Selebes – Para bidan di Kabupaten Banggai Laut sumringah setelah usulan program bantuan paket berupa alat-alat kebidanan atau Bidan KIT direalisasikan oleh Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dari Fraksi Gerindra Winiar Hidayat Lamakarate.

Winiar kepada jurnalis pada Sabtu (25/2/2023) malam mengatakan, program yang sudah dijalankan secara bertahap ini sudah berlangsung selama dua tahun berturut-turut.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Program ini juga kata dia, merupakan kerja sama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Balut yang harapannya dapat membantu mempermudah kerja bidan setempat, sehingga dapat menurunkan angka kematian ibu dan anak saat melahirkan.

“Mengingat Kabupaten Banggai Laut adalah daerah yang cakupan wilayahnya terdiri atas pulau-pulau, sehingga perlu kiranya menjadi perhatian kita dalam hal sarana dan prasarana kesehatan. Apalagi berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak,” katanya.

Dia menuturkan, banyaknya kasus terjadinya proses lahiran di atas perahu ketinting untuk Kabupaten Banggai Laut bukanlah hal baru, tetapi sudah menjadi biasa. Sehingga harapannya kata dia, hal-hal seperti itu tidak terjadi lagi.

Hal itu juga telah menjadi pekerjaan rumah sejak awal dirinya dilantik sampai sekarang sebagai wakil rakyat dan perwakilan perempuan di parlemen.

Dia menyatakan tetap konsisten dalam menyuarakan dan memperjuangkan hak-hak perempuan di Sulteng.

“Tentunya apa yang saya lakukan dan berikan hari ini belum ada apa-apanya dibandingkan dengan kerja-kerja mereka para bidan desa di Kabupaten Banggai Laut,” katanya.

Melalui program ini, Winiar berharap dapat memberikan semangat baru kepada para bidan yang ada di Kabupaten Banggai Laut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.

“Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih banyak kepada ibu dewan atas perhatiannya kepada kami bidan-bidan Kabupaten Banggai Laut dengan bantuan bidan kitnya. Semoga kedepannya kematian ibu di Balut menjadi 0. Untuk tahun 2022 Balut hanya satu kematian ibu melahirkan. Alhamdulillah capaian terendah stunting di Balut se Provinsi Sulteng,” kata Ketua IBI Balut.

Sampai sejauh ini Winiar Hidayat Lamakarate baru dapat merealisasikan sebanyak 40 paket alat-alat kesehatan bidan, khususnya yang ada di Balut.(*/abd/stc)