Tutup
Olahraga

Pengurus Resmi Dilantik, Pergatsi Sulteng Bertekat Raih Prestasi di PON 2024

×

Pengurus Resmi Dilantik, Pergatsi Sulteng Bertekat Raih Prestasi di PON 2024

Sebarkan artikel ini
Ketua Harian Pengurus Besar (PB) Pergatsi Dr. Ir. Khalawi Abdul Hamid, Ketua Umum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu dan Ketua Pengda Pergatsi Sulteng Syaifullah Djafar berpose bersama pengurus Pergatsi Sulteng.(Foto: KONI Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Ketua Harian Pengurus Besar (PB) Pergatsi Dr. Ir. Khalawi Abdul Hamid secara resmi melantik Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sulawesi Tengah, Masa Bakti 2021-2025 di Sriti Convention Hall, Palu, Sabtu malam (18/3/2023).

Ketua Harian Pengurus Besar (PB) Pergatsi Dr. Ir. Khalawi Abdul Hamid melantik Pengurus Provinsi Pergatsi Sulteng Masa Bakti 2021-2025 di Sriti Convention Hall, Sabtu malam (18/3/2023).

Advertisment
Scroll hingga akhir

Ia berharap gateball di Sulteng memassal sampai ke lingkungan masyarakat.

Pelantikan dihadiri Ketua Umum KONI Sulteng Nizar Rahmatu, Gubernur Sulteng diwakili Dahri Saleh, Ketua Pengprov Pergatsi Sulsel Iskandar Ahmad dan klub gateball dari Balai Kementerian PUPR.

Pada kesempatan itu, Dr Khalawi mengatakan prestasi gateball di Sulteng sangat luar biasa. Sependapat dengan Ketua Umum KONI Sulteng Nizar Rahmatu, pengurus Pergatsi Sulteng telah menunjukkan karya nyata dengan meraih prestasi juara umum pada Kejurnas Gateball 2022 di Jogyakarta.

“Babak Kualifikasi PON sementara disiapkan. Ini ajang pembuktian Pergatsi Provinsi meraih prestasi terbaik di PON nanti,” ujar Khalawi.

Tidak hanya itu, Ia meminta kepada pengurus Gateball di Sulteng yang terkenal prestasinya, lebih kerja keras memassalkan olahraga gateball di tengah masyarakat.

“Saya harapkan perkembangan gateball tidak hanya di kantor-kantor saja, mungkin di Korem, Polda dan lingkungan masyarakat. Saya mendorong lebih maju lagi,” kata Khalawi.

Sebagaimana dulunya, gateball hanya dikenal kalangan terbatas orang kantoran. Gateball dari olahraga rekreasi, sekarang masuk menjadi olahraga prestasi dengan menjadi anggota KONI.

Ketua Umum Pergatsi Sulteng H Syaifullah Djafar pada kesempatan itu mengatakan Pergatsi Sulteng bertekad meraih prestasi pada PON 2024 nanti.

Upaya yang dilakukan Pergatasi Sulteng adalah dengan mengikuti beberapa event nasional baik kejurnas maupun open di beberapa provinsi. Barusan Pergatsi Sulteng meraih juara umum pada Open Gateball di Gorontali memperebutkan Piala Gubernur Gorontalo Cup 2023.

“Kami sampaikan bahwa Pergatsi Sulteng  telah menetapkan atlet-atlet yang terpilih pada babak kualifikasi PON. Didasarkan atas track record prestasi perorangan maupun tim yang telah dicapai dalam 5 tahun terakhir.  Kita melihat atlet yang berpotensi di berbagai kejuaraan. Insya Allah kita akan berusaha sebaik-baiknya supaya target yang diberikan kepada gateball untuk Sulteng Emas PON 2024 bisa kita penuhi dengan kerja keras pengurus,” ujar Syaifullah.

Ketua Umum KONI Sulteng M Nizar Rahmatu pada kesempatan yang sama menyatakan siap memberikan dukungan penuh kepada induk olahraga gateball meraih prestasi Sulteng Emas pada PON 2024 di Provinsi Aceh-Sumatera.

“Cabang olahraga gateball menjadi nomor satu cabang olahraga unggulan mewujudkan mimpi Bapak Olahraga Sulteng, Gubernur di Provinsi Seribu Megalit, H Rusdy Matura,” tegas Nizar.

Sebagaimana dikatakan Nizar, bicara olahraga itu berbicara tentang merah putih, harkat dan kehormatan bangsa.

Gubernur sangat menginginkan Provinsi Sulteng bisa berjaya di kancah olahraga nasional. Langkah sang Gubernur itu diwujudkan dengan membentuk Kelompok Kerja Sulteng Emas. Sulteng Emas telah diperkuat 7 perenang nasional yang sekarang ini mewakili Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

“Tenang Pak Gub, untuk melengkapi 10 emas, Insya Allah ada Gateball yang siap menyumbangkan 3 emas,” kata Nizar Rahmatu.

Nizar mengapresiasi upaya yang dilakukan Pengprov Pergatsi Sulteng menghadapi PON 2024. Baik itu pembinaan maupun kompetisi. Cabor yang dipimpin pleh H Syaifullah Djafar ini telah meraih sejumlah prestasi kurun 2021 hingga sekarang.

“Sebelum dilantik saja, gateball sudah membuktikan bagaimana hasil pembinaan dengan meraih juara umum pada Kejurnas di Jogyakarta belum lama ini,” ujar Nizar Rahmatu saat menyampaikan sambutan pelantikan.

KONI Sulteng akan siap bersama gateball meraih puncak prestasi. Hal ini ditandai dengan kehadiran Nizar Rahmatu bersama dengan Ketua Harian KONI Sulteng Edison Ardiles AIFO dan Kepala Sekretariat Idrus Sahar Muhammad SAP MAP AIFO. Walaupun pada malam itu, terdapat beberapa agenda pelantikan Pengprov, Nizar memilih hadir langsung pada pelantikan Pergatsi Sulteng.

“Jangan khawatir. KONI selalu bersama-sama dengan gateball. Di Gateball juga ada Ikhsan Bakalinga ada ketua sponsorhip gateball. Insya Allah kita melibatkan sponsorhip mencapai Sulteng Emss 2024. Tetap Semangat, jangan kendor. PAKAROSO,” tutup Nizar.(*/abd)