Sulawesi Tengah

Pemprov Sulteng dan Pemkot Palu kembali usulkan Guru Tua SIS Aljufri Menjadi Pahlawan Nasional

193
×

Pemprov Sulteng dan Pemkot Palu kembali usulkan Guru Tua SIS Aljufri Menjadi Pahlawan Nasional

Sebarkan artikel ini
Warga menjaual poster Guru Tua pada acara Haul ke-54 Tahun Pendiri Alkhairaat Guru Tua di Kota Palu, Sabtu (14/5/2022). (Foto: ANTARA/Mohammad Hamzah)

PALU, Kabar Selebes – Sayyid Idrus Bin Salim (SIS) Aljufri atau Guru Tua, pendiri lembaga pendidikan Islam terbesar di Indonesia Timur Alkhairaat, kembali diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kota Palu sebagai Pahlawan Nasional.

Dokumen pengusulan SIS Aljufri disampaikan oleh tim dari Pemerintah Kota Palu kepada Direktorat Pemberdayaan Sosial di Kementerian Sosial pada hari Rabu Tanggal 29 Maret 2023 di Gedung Kementerian Sosial jalan Salemba Jakarta.

BACA JUGA :  Anggota DPD RI Dapil Sulteng yang juga Cucu Guru Tua HS Saleh bin Muhammad Aljufri Wafat karena Sakit

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Kota Palu Irmayanti Pettalolo selaku pimpinan rombongan menyampaikan bahwa penganugerahan SIS Aljufri Guru Tua sebagai  Pahlawan Nasional adalah harapan masyarakat Kota Palu. Hal itu karena jasa-jasa Guru Tua di bidang pendidikan dan dakwah sehingga dapat dirasakan dampaknya oleh Masyarakat Kota Palu sampai saat ini.

“Pemerintah Kota Palu menyampaikan dokumen pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri sebagai calon Pahlawan Nasional kepada Kementerian Sosial karena merupakan harapan dari Masyarakat kota Palu sebagai tokoh dan pejuang di Sulawesi Tengah,” ujar Irma Petalolo.

BACA JUGA :  Wamenag RI Memandang Peran Strategis Alkhairaat di Nusantara