Tutup
Sulawesi Tengah

127 KK warga mengungsi akibat banjir di Kabupaten Morowali Utara

×

127 KK warga mengungsi akibat banjir di Kabupaten Morowali Utara

Sebarkan artikel ini
Rumah warga yang diterjang banjir di Morowali Utara (Foto: BPBD)

PALU, Kabar Selebes – Sebanyak 127 Kepala Keluarga (KK) warga di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah terpaksa mengungsi ke tempat aman akibat banjir yang melanda tiga kelurahan di wilayah itu pada Selasa (4/4/2023).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah melaporkan, tiga wilayah terdampak itu adalah Kelurahan Kolonodale, Bahontula dan Bahoue di Kecamatan Petasia.

Advertisment
Scroll hingga akhir

“Banjir terjadi sekitar pukul 17:07 WITA dipicu hujan lebat yang mengguyur daerah tersebut. Ketinggian air dilaporkan sekitar 30 hingga 100 sentimeter (cm) di tiga kelurahan tersebut,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sulawesi Tengah (Sulteng) Andi Sambiring di Palu.

Dari bencana hidrometeorologi tersebut, sejumlah fasilitas umum ikut terdampak di antaranya sekolah, pasar, jalan dan jembatan.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat juga membantu mengevakuasi warga terdampak.

“Kini kondisi pengungsi dalam keadaan baik, untuk sementara mereka mengungsi di rumah keluarga maupun kerabat,” ujarnya.

Dilaporkan, kondisi air berangsur surut dan tim gabungan terdiri dari personel BPBD, Tagana, TNI/Polri, potensi SAR serta masyarakat setempat mulai membersihkan rumah-rumah warga dari sisa material lumpur yang terbawa banjir.

Warga terdampak juga membutuhkan logistik, terutama makanan siap saji dan kebutuhan mendesak lainnya. Hal itu mengingat bulan puasa warga butuh bahan makanan untuk makan sahur.

“Di musim hujan saat ini perlu kewaspadaan, terutama wilayah-wilayah yang memiliki riwayat banjir maupun tanah longsor,” katanya.

Menurut BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis-Aljufri Palu dalam rilis prakiraan  cuaca yang berlaku hingga 5 April 2023, Kabupaten Morowali Utara merupakan salah satu daerah di Sulteng berstatus waspada dampak hujan lebat.***

Silakan komentar Anda Disini….