Tutup
Sulawesi Tengah

Rakor Lintas Sektoral Mabes Polri, Kapolri: Tempatkan Personel Kepolisian dan TNI di Titik Strategis untuk Keamanan Idul Fitri

×

Rakor Lintas Sektoral Mabes Polri, Kapolri: Tempatkan Personel Kepolisian dan TNI di Titik Strategis untuk Keamanan Idul Fitri

Sebarkan artikel ini

MOROWALI, Kabar Selebes – Polres Morowali, Polda Sulteng, bersama Forkopimda Morowali mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dengan Mabes Polri bersama Kementerian/Lembaga tentang Kesiapan Pengamanan Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Rapat diikuti secara virtual dari ruang Vicon Polres Morowali, pada Kamis (06/04/2023) petang.

Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, para PJU Polres Morowali dan perwakilan dari Dinas Instansi Morowali.

Wakapolres Morowali Kompol Zulkifli SH menyampaikan terimakasih kepada para tamu yang hadir. Kesiapsiagaan operasi di hari Raya Idul Fitri ini sangat penting, guna menjaga keamanan dan ketertiban, agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam menghadapi hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Diharapkan unsur yang terlibat dapat bekerjasama dan bersinergi antara berbagai pihak dalam menghadapi situasi keamanan selama perayaan hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M

“Kami siap bersinergi dan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait dalam rangka menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Morowali,” kata Zulkifli.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo juga memberikan arahan, tekanan dan petunjuk kepada seluruh peserta rapat terkait langkah-langkah yang harus diambil dalam menghadapi situasi keamanan yang mungkin terjadi selama perayaan hari Raya Idul Fitri.

Pertama, melakukan pemetaan jalur rawan Laka melalui analisa data dan anatomi Laka pada tahun sebelumnya.

Kedua, meningkatkan edukasi perilaku mengemudi yang aman dan sosialisasi pada jalur rawan Laka dengan memasang imbauan memasuki lokasi rawan Laka dan rambu portable.

Ketiga, bekerjasama dengan stakeholders, yakni Dishub dan Menkes melakukan uji kelayakan kendaraan dan memeriksa kesehatan pengemudi di terminal atau titik pemberangkatan mudik lainnya.

Terakhir, berkoordinasi dengan stakeholders, yakni Dishub, Pemda dan PUPR terkait pemenuhan Sarpras penunjang seperti perbaikan jalan yang rusak, penambah jumlah rambu, serta menambah tempat peristirahatan bagi pemudik.

“Kami akan menempatkan personel Kepolisian dan TNI di titik-titik strategis untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas selama perayaan Hari Raya Idul Fitri,” jelas Kapolri.

“Selain itu, kami juga akan melakukan pengawasan ketat terhadap penggunaan bahan peledak dan barang-barang berbahaya lainnya,” katanya lagi.

Rapat kordinasi berlangsung dengan lancar dan sukses, sebagai wujud upaya pemerintah dan kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama perayaan hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M. (hms/ahl)

Silakan komentar Anda Disini....