Tutup
Nasional

Akan Gelar Webinar di Sulawesi Tengah, Kominfo Bagi Tips Promosi Komunitas di Media Sosial

×

Akan Gelar Webinar di Sulawesi Tengah, Kominfo Bagi Tips Promosi Komunitas di Media Sosial

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes-Ruang media digital, terutama untuk media sosial adalah sarana yang mudah, cepat dan murah dalam melakukan promosi.

Meski demikian, belum begitu banyak warga net yang memanfaatkan hal itu.

Advertisment
Scroll hingga akhir

Melalui program “Makin Cakap Digital 2023″, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali melaksanakan Webinar bertajuk ‘Kiat Promosikan Komunitas di Media Sosial”.

Kegiatan ini akan berlangsung pada Sabtu, 15 April 2023, melibatkan sejumlah komunitas di Sulawesi Tengah, terutama di Tolitoli dan Buol.

Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM, salah satu pembicara dalam kegiatan tersebut, saat dihubungi media ini mengatakan, sebenarnya saat ini masyarakat dituntut untuk memanfaatkan media digital untuk kegiatan apa pun.

“Baik itu kegiatan berorientasi profit , maupun yang berorientasi pada kepentingan masyarakat,” jelasnya, Rabu 12 April 2023.

Ia melanjutkan, senada dengan anjuran Presiden Jokowi, agar masyarakat menggunakan media sosial, memproduksi konten-konten positif.

Salah satu upaya positif kata dia, mengampanyekan kegiatan-kegiatan komunitas. “Seperti yang sudah dilakukan teman-teman di Bank Sampah Tolitoli Mandiri ini,” kata Meithi.

Dalam kegiatan webinar ini, ia akan membahas tentang Etika Digital. Bagaimana membangun personal branding di media sosial, tips membangun personal branding di internet, dan apa saja yang bisa merusak personal branding di internet.

Sementara itu, pembicara lainnya adalah Dr. Eko Pamuji, M.I.Kom, Sekjen PWI Jatim yang juga dosen Ilmu Komunikasi.

Ia akan membahas tips bagaimana memviralkan konten peduli lingkungan,
trik membuat konten viral, dan bagaimana
Mengenal algoritma dan tren media sosial, serta bagaimana memanfaatkan media sosial untuk membangun kesadaran Peduli Lingkungan.

Selain kedua narasumber tersebut, akan hadir juga Mom Influecer, Ana Livian.

Ia akan bicara soal Digital Content: Do & Dont, bagaimana membuat copywriting agar menarik perhatian,
Konten seperti apa yang menarik dan bisa memberi pengaruh positif, serta batasan dalam membuat konten sehingga tidak memancing komentar buruk

Kegiatan ini akan dipandu Mohamad Sahril, M.Pd., terbuka untuk umum dan gratis.

Calon peserta cukup meng-klik link ini: https://s.id/registrasikabupatentolitoli_1504 dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat.

Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya.

Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara telah melaksanakan sedikitnya 10 kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulawesi Utara.

Dan kali ini, penyelenggara mulai menyasar komunitas-komunitas di Sulteng. Pada kegiatan kali ini, Kemenkominfo menggandeng Komunitas Bank Sampah Tolitoli Mandiri, Komunitas Lestari Magau dan Komunitas Literasi Remaja Buol.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang.

Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.
Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.(*)