Politik

Maju DPD RI, Mustar Labolo Siap Perjuangkan Pemekaran Sultim dan Seimbangkan Kewenangan DPD-DPR

92
×

Maju DPD RI, Mustar Labolo Siap Perjuangkan Pemekaran Sultim dan Seimbangkan Kewenangan DPD-DPR

Sebarkan artikel ini
Bakal calon DPD RI dapil Sulawesi Tengah H Mustar Labolo (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran kepada komisioner KPU Sulawesi Tengah Syamsul Y Gafur, Jumat siang (5/5) di KPU Sulawesi Tengah. (Foto: Patar)

PALU, Kabar Selebes – Bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sulawesi Tengah H Mustar Labolo sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng, Junat (5/5).

Lalu, apa saja mendasari manran Wakil Bupati Banggai 2016-2021 itu ikut bertarung menjadi senator?

Berbekal dukungan KTP sebanyak 2.205, Mustar Labolo mengaku akan memperjuangkan kemajuan daerah Sulawesi Tengah. Antara lain pemekaran daerah, peningkatan pendapatan daerah penghasil migas serta mendorong perluaaan kewenangan DPD sehingga berimbang dengan DPR RI.

BACA JUGA :  Resmi Ditetapkan KPU, Perolehan Kursi Partai Politik dan Anggota DPRD Sulteng Periode 2024-2029 Meningkat

Menurut Mustar Labolo, pemekaran daerah menjadi keharusan. Seperti Sulawesi Timur (Sultim) yang telah masuk proritas legislasi nasional (prolegnas) DPR RI.

“Pemekaran daerah menjadi penting untuk mempercepat kemajuan daerah. Selain Sultim, juga didorong untuk pemekaran kabupaten Parigi Moutong dan kabupaten Poso sebagai wilayah konservasi,” kata Mustar di KPU Sulawesi Tengah.

Misi lain Mustar Labolo adalah memperkuat dan memperluas kewenangan DPD RI.

BACA JUGA :  Berikut daftar 55 bacaleg PKB Sulteng yang Didaftar ke KPU

“Selama ini DPD hanya sebagai pelengkap penderita. Ke depan kita ingin agar DPD punya kewenangan yang seimbang dengan DPR RI,” kata Mustar.

Selanjutnya terkait dana bagi hasil wilayah penghasil seperti minyak dan gas (migas).

“Daerah penghasil justru kecil pendapatannya. Harusnya daerah penghasil itu lebih besar,” ujar Mustar.

Mustar Labolo juga tercatat tiga kali duduk di DPRD Sulawesi Tengah, yaitu periode1999-2004 (PPP), 2005-2009 Demokrat) dan 2009-2014 (Demokrat).

BACA JUGA :  Bila Dicatut sebagai Anggota Parpol, KPU Sulteng : Melapor dan akan Dihapus

Dia juga aktif di berbagai organisasi masyarakat seperti Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Tengah, Kwarda Pramuka Sulteng.(ptr)