Politik

Hingga pendaftaran ditutup, Partai Garuda tak kunjung datang ke KPU Sulteng

191
×

Hingga pendaftaran ditutup, Partai Garuda tak kunjung datang ke KPU Sulteng

Sebarkan artikel ini

PALU, Kabar Selebes – Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah berakhir. 

Sesuai jadwal dari KPU, pendaftaran bacaleg dari parpol ditutup pada tanggal 14 Mei 2023 pukul 24.00. 

Hingga ditutupnya waktu pendaftaran, sebanyak 17 dari 18 parpol secara resmi sudah mendaftar di KPU Sulawesi Tengah. 

Partai Gelora Indonesia menjadi parpol terakhir yang melakukan pendaftaran. Sementara, satu parpol yakni Partai Garuda, hingga ditutup waktu pendaftaran tidak kunjung muncul di KPU Sulawesi Tengah.

BACA JUGA :  Muhidin Said Buktikan Ucapannya, Suara Prabowo-Gibran 60 Persen di Sulteng

Ketua KPU Sulawesi Tengah DR. Nisbah, M.Si mengatakan, Partai Garuda tidak mendaftarkan bacalegnya ke KPU hingga pukul 24.00 WITA. 

“Hingga pukul 01.10 WITA kita menerima 16 partai yang sudah menerima B-A, 17 dengan Partai Gelora yang sementara proses dan satu partai yang tidak muncul sampai batas waktu yang ditentukan pukul 23.59,” kata Nisbah kepada wartawan, Senin (25/5/2023) dini hari.

BACA JUGA :  Nurhadi "Berduri", Petani Durian Sulteng Maju DPR RI, Apa Saja Yang Diperjuangkan?

Partai Gelora sendiri mengalami kendala pada pengimputan Silon. Hal inilah yang membuat proses pendaftarannya bermasalah. 

Menurut Nisbah, Partai Gelora tidak mengimput data bacalegnya di Silon. Meski begitu, sesuai dengan perintah KPU RI kepada KPU provinsi dan KPU kabupaten kota, jika tidak ada data di dalam Silon maka menggunakan template excel dan zip yang ada di email masing-masing DPD yang dikirim oleh DPP parpol

BACA JUGA :  Legislator Demokrat Minta Pemerintah Segera Siapkan Anggaran Pemilu

“Berdasarkan surat dari Ketua KPU RI itu kami akan menggunakan sementara data yang ada di excel dan zip dalam email masing-masing DPD parpol di provinsi dan kabupaten kota untuk dimasukkan di dalam Silon dengan ketentuan 2X24 jam. Untuk sementara ini kami akan melihat data yang ada di email DPD provinsi kabupaten dan kota Partai Gelora untuk diimput 2X24 jam,” tandas Nisbah.(abd)