Tutup
Sulawesi Tengah

Cegah kejahatan internasional masuk ke Indonesia, Imigrasi Sulawesi Tengah perketat awasi orang asing

×

Cegah kejahatan internasional masuk ke Indonesia, Imigrasi Sulawesi Tengah perketat awasi orang asing

Sebarkan artikel ini
Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulteng Syamsul Efendi Sitorus (Foto: humas)

PALU, Kabar Selebes – Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kanwil Kemenkumham Sulteng) meningkatkan pengawasan terhadap orang asing.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulteng Syamsul Efendi Sitorus mengingatkan Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) untuk memperkuat sinergitas guna mengantisipasi permasalahan orang asing.

Advertisment
Scroll hingga akhir

“Tahun 2016 kemarin, Pemerintah telah menambil kebijakan dengan mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Bebas Visa Kunjungan, yang pertimbangannya sendiri adalah untuk meningkatkan hubungan kita dengan negara lain, baik itu menarik jumlah wisatawan ataupun meningkatkan perekonomian. Ini harus kita maknai sedalam mungkin karena hal itu juga membuka ruang bagi berbagai penyelewengan dan tindak pidana bagi orang asing. Dalam Timpora ini, kita harus menyikapi ini secara serius dalam pengawasannya,” ungkap Kadiv Imigrasi saat membuka rapat koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Kabupaten Sigi, Selasa, (16/5/2023) pagi.

Rakor yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Palu tersebut ditempatkan di Hotel D’Kalora Palu serta turut diikuti oleh berbagai perwakilan Kementerian dan Lembaga (K/L) yang bersinggungan dengan orang asing yang juga tergabung kedalam keanggotaan TIMPORA Kab. Sigi.

Membuka langsung kegiatan, Kadivim pun mengungkapkan bahwa Rakor tersebut merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh jajarannya, menurutnya, keberadaan Timpora sangatlah penting dalam upayanya menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lebih lanjut, dirinya berharap agar seluruh anggota TIMPORA dapat meningkatkan tugas dan fungsinya masing-masing, kata dia, koordinasi dan sinergitas mesti ditingkatkan guna menghasilkan fungsi pengawasan yang lebih cermat.

“Kita harus terus berkolaborasi bersama, berbagai kejahatan internasional sangatlah rentan terjadi di Negara yang kita cintai ini, kita harus bisa lebih cermat agar bisa mengantisipasinya dengan sebaik mungkin, kedaulatan negara ada dipundak kita semua,” harapnya.

Kegiatan pun berlanjut dengan berbagai pembahasan dan pemaparan dari berbagai hasil pengawasan dari setiap pemangku kepetingan, memimpin jalannya diskusi tersebut, Kepala Kanim Palu, Dewanto Wisnu Raharjo, pun mengaku sangat bersyukur atas kerjasama diantara anggota TIMPORA yang diketuainya.

“Seperti yang disampaikan pimpinan, kita akan terus memaksimalkan fungsi pengawasan bersama dan saya pikir saat ini sangatlah baik, semoga saja TIMPORA betul-betul bekerja bersama,” tutupnya. ***